Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

99 Pelaku UKM dan Koperasi Berprestasi di Natuna Ikuti Perluasan KUR
Oleh : Kalit
Rabu | 03-07-2019 | 16:04 WIB
kur-3-natuna.jpg Honda-Batam
Pelaku UKM dan Koperasi berprestasi di Natuna saat mengikuti pelatihan perluasan KUR. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Sebanyak 99 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi berprestasi di Kabupaten Natuna, mengikuti kegiatan perluasan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Plt Asisten I Pemerintahan Setda Kabupaten Natuna, Muhammad Amin, yang diprakarsai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Kabupaten Natuna, di Aula Trend Central Hotel, Jalan Pramuka, Ranai, Selasa (2/7/2019).

Peserta merupakan pelaku usaha dan Koperasi terbaik dari 15 kecamatan. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 2-3 Juli 2019, dengan menghadirkan narasumber, Kasubbid Penjaminan Simpanan Koperasi Kementerian Koperasi, M Subban, dan pihak Bank di Natuna sebagai pembicara.

Plt Asisten I Pemerintahan Setda Kabupaten Natuna, Muhammad Amin mengatakan, untuk menumbuhkembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM), membutuhkan campur tangan pemerintah maupun lembaga lainnya.

Dengan bertumbuhnya UMKM, kata Muhammad Amin, secara otomatis akan menumbuhkan perekonomian masyarakat, serta mencipatkan lapangan pekerjaan secara mandiri. Namun demikian, untuk mewujudkan program bantuan tepat sasaran, perlu komitmen dari para pelaku usaha, guna memanfaatkan dana kredit tersebut.

"Paradigma harus kita ubah bersama dalam kemampuan mengelola anggaran, sehingga dapat mewujudkan pemerataan kesejahteraan," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Kadisperindagkopum) Kabupaten Natuna, Agus Supardi, menyampaikan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harus memanfaatkan segala potensi sumber daya yang ada.

Kendati demikian, sebesar apapun potensi SDA-nya tidak akan berarti apa-apa, jika tidak didukung dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun tujuan kegiatan perluasan KUR ini diadakan, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat, agar dapat mengembangkan kemampuan menjalankan usahanya.

Untuk itu, dibutuhkan peran serta semua pihak, mulai dari Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah, Perbankan, hingga motivator penggiat usaha. "Melalui kegiatan ini, saya harapkan kepada peserta agar dapat meningkatkan kemampuan dan pengawasan diri dalam mengembangkan usaha yang dijalankan," ujar Agus Supardi.

Agus juga berharap, pihak Bank di Natuna dapat merangkul dan memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha. "Saya sampaikan kepada pimpinan Perbankan, peserta ini merupakan pelaku berperstasi. Mereka aktif mengembalikan pinjaman yang digelontorkan. Maka dari itu, rangkul lah mereka," tuturnya. (*)