Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diikuti 115 Calon Jamaah Haji

Wabup Natuna Buka Kegiatan Manasik Haji 2019
Oleh : Kalit
Senin | 01-07-2019 | 20:04 WIB
manasik-haji1.jpg Honda-Batam
Pembukaan manasik haji Pemkab Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti membuka kegiatan bimbingan manasik haji yang diikuti 115 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Natuna, Senin (1/7/2019) di Masjid Agung Natuna.

Manasik haji ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya Pemkab Natuna dalam membantu kepentingan warga yang akan menunaikan ibadah haji. Manasik Calon Haji ini diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari 52 orang laki-laki dan 63 orang perempuan.

Dalam sambutannya, Ngesti mengatakan kegiatan manasik haji ini sudah 3 kali dilaksanakan di Kabupaten Natuna.

"Saya yakin dengan pelaksanaan yang sudah 3 kali para jamaah sudah hapal tata cara pelaksaan haji di Arab Saudi nanti, sehingga jemaah dari Natuna mampu melaksanakan ibadah haji dengan benar dan khusuk," terang Ngesti.

Menurutnya, kunci terpenting dari pelaksanaan suatu ibadah ini adalah niat yang lurus. Ia pun mendoakan agar seluruh JCH Kabupaten Natuna tahun ini mendapatkan haji yang mabrur.

"Mari luruskan niat kita agar menjadi haji yang mabrur, kami juga meminta agar para JCH mendoakan negeri istana selalu dilimpahi berkah dan dijauhkan dari bencana," pinta Ngesti.

Lebih lanjut Ngesti juga meminta agar para calon jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga niat, jangan sombong dan takabur dan selalu berdoa kepada Allah. Semoga dilancarkan segala kegiatan ibadahnya.

Sementara, Kabag Kesra Kabupaten Natuna, Syarifuddin dalam laporannya mengatakan berdasarkan Undang-undang nomor 3 Tahun 2008 pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan dan hal-hal lain yang diperlukan oleh calon Haji.

Di tingkat Kabupaten, Bupati merupakan koodinator penyelenggaraan ibadah haji yang mana biaya operasional panitia penyelenggara dapat dibebankan pada APBD.

"Sehubungan dengan telah dikembalikannya kuota haji Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi sebesar 20 persen makan berimbas pada penambahan jumlah Calon Haji Kabupaten Natuna yang semula pada tahun 2018 berjumlah 87 orang menjadi 115 orang di tahun ini," terangnya.

Menurut Syarifuddin adapun tujuan manasik haji ini adalah memberikan pengetahuan agar jamaah mampu memahami semua informasi tentang haji, menjadikan jamaah haji mampu mandiri baik pribadi maupun regu baik di Indonesia maupun di Arab Saudi.

Sebanyak 115 orang Calon Jemaah Haji Kabupaten Natuna berasal dari Kecamatan Bunguran Timur 74 orang, Kecamatan Bunguran Barat 4 orang, Kecamatan Bunguran Utara 2 orang, Kecamatan Bunguran Timur Laut 11 orang, Kecamatan Bunguran Selatan 4 orang, Kecamatan Serasan 8 orang, Kecamatan Midai 2 orang, Kecamatan Pulau Laut 1 orang, Kecamatan Subi 3 orang, mutasi dari Kalbar 2 orang dan TPHD Kabupaten Natuna 1 orang.

"Para peserta Calon Haji ini akan diberangkatkan melaui dua kloter yakni kloter I akan diberangkatkan pada tanggal 5 juli 2019 sebanyak 111 orang dan kloter II tanggal 20 juli sebanyak 4 orang," tutup Syarifuddin.

Hadir dalam acara tersebut FKPD Kabupaten Natuna, OPD Pemkab Natuna dan seluruh calon jemaah haji Kabupaten Natuna. (*)