PKP

Syarat Harus Punya Pengalaman Kerja Jadi Penghambat Pencaker Dapat Pekerjaan
Oleh : Hendra
Senin | 17-06-2019 | 12:28 WIB
seleksi-pencaker-19.jpg honda-batam
Proses seleksi administrasi tiga perusahaan di MPH Batamindo, Senin (17/6/2019). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan pencari kerja (pencaker) pagi ini, Senin (17/6/2019) terpantu ramai memadati kawasan Aula Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo Industrial Park.

Informasi yang didapat BATAMTODAY.COM di lokasi, tiga perusahaan diketahui sedang membuka lowongan pekerjaan dengan seleksi administrasi langsung di tempat. Di antara PT Ciba Vision, PT Patlite Indonesia dan PT Volex Batam.

Kendati begitu, banyak pencari kerja yang merasa kecewa, saat seleksi awal administrasi lamaran banyak yang gugur karena syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

"Untuk PT Patlite tadi yang dibutuhkan cewek dengan tinggi 155 Cm, terus harus ada pengalaman kerja 1 tahun bagian screw solder. Saya gugur karena tidak ada pengalaman. Padahal kan bisa nanti ditraining juga," ujar Rumondang, pencaker yang baru tamat SMA.

Rumondang mengatakan, selama ini dia hanya memiliki pengalaman kerja sebagai admin operator di lion parcel, kendati begitu baginya tak menutup kemungkinan, bahwa dia mampu beradaptasi dengan jenis pekerjaan baru.

Sementara itu, pencaker lain, yang memasukkan lamaran ke PT Ciba Vision dan juga gagal saat seleksi awal, mengatakan perusahaan tersebut membutuhkan lowongan bagian operator dengan kriteria cewek tinggi minimal 155 Cm dan untuk cowok harus jurusan IPA dengan tinggi minimal 165 Cm.

"Saya tak diterima karena tidak jurusan IPA. Saya IPS, namun jadi pertanyaan yang membedakan nanti apanya antara IPA dan IPS di dunia kerja jika posisinya sama-sama operator. Kan semua akan ditraining dari awal juga," ujar M Daniel pencari kerja yang baru tamat sekolah dan baru merantau ke Batam.

Semanta itu, informasi lainnya yang didapat untuk PT Volex menerima lowongan kerja cowok bagian operator molding dengan umur yang tidak terlalu dibatasi, namun harus memiliki pengalaman molding.

"Saya pengen banget bisa diterima kerja di PT, karena gaji biasanya lebih besar, sebelumnya saya kerja hanya sebagai marketing motor, dan tidak ada pengalaman molding," ungkap Fahmi, pencaker lainnya.

Editor: Gokli