PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Bukber dengan Anggota DPD dan Anggota DPD Terpilih, OSO Sampaikan Kriteria Calon Ketua Baru
Oleh : Irawan
Rabu | 29-05-2019 | 13:28 WIB
oso_bukber.jpg honda-batam
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO) menggelar acara buka puasa bersama (bukber) anggota DPD periode 2009-2019 dan calon anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024. Bukber ini diadakan di rumah OSO, sapaan akrabnya, di Jalan Karang Asem Utara, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sejumlah nama beken terlihat hadir seperti Jimly Asshiddiqie, La Nyala Matalitti, Fadel Muhammad, Yoris Raweyai, Abdullah Puteh, Mahyudin dan lain-lain. Dari Kepulauan Riau sendiri terlihat hadir Anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaja dan Anggota DPD RI terpilih Richard Pasaribu.

OSO mengatakan acara tersebut diselenggarakan hanya untuk bersilaturahmi dan menyamakan pandangan antara anggota DPD lama dan baru

"Kita ingin menyatukan pandangan yang sudah kita punya, akan kita lanjutkan ke depan. Terima kasih kepada kawan-kawan lama yang sudah berjuang selama ini. Dan untuk kawan-kawan yang baru selamat berjuang," ujar OSO di kediamannya, Jalan Karang Asem Utara, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019).

Dia juga menegaskan acara yang dilakukannya seperti bukber, halal bi halal merupakan hal yang lumrah dan sudah biasa.

"Karena bertahun-tahun kami mengadakan halal bi halal, dan juga berbuka bersama. Dan nanti juga pas lebaran, saya akan open house," ucapnya.

OSO berpesan sekaligus mengingatkan jika DPD RI periode selanjutnya akan jauh lebih menantang dan lebih berat tugas yang akan diemban.

"Tugas berat DPD sekarang adalah melanjutkan, kalau sekarang kita sudah mengeluarkan Undang-Undang MD3 yang dapat memberikan kepastian tentang penagawasan anggaran daerah, itu hasil dari teman-teman sekalian," kata Ketum Partai Hanura tersebut.

Karena itu, OSO berharap Ketua DPD RI periode 2019-2024 nanti harus betul-betul figur terbaik dan ketuanya harus mencintai DPD RI.

"Kriterianya tentu yang mencintai DPD RI seperti saya, loyal, bukan orang-orang yang pernah 'cedera' di DPD itu sendiri," ungkap OSO.

OSO menegaskan jangan sampai lembaganya dipimpin oleh orang yang pernah "cedera" di DPD. "Nanti DPD-nya yang cedera," ungkapnya.

OSO yang juga ketua umum Partai Hanura itu berpesan para anggota DPD yang baru nanti bisa memilih ketua atau pimpinan yang bermartabat.

"Insyaallah DPD yang baru memilih pimpinan dari orang-orang bermuruah dan bermartabat," ungkap OSO.

Dia menyerahkan pemilihan itu kepada para anggota DPD yang baru nanti. Mekanismenya, kata OSO, tentu harus sesuai dengan tata tertib.

"Yang penting pemilihan itu dilakukan bermuruah dan bermartabat dan menghasilkan figur pemimpin yang teruji," paparnya.

Lebih jauh OSO berharap anggota DPD baru nanti memilih pemimpin secara cerdas, bukan karena pengaruh, materi dan sebagainya.

"Biarkan dia dipilih secara moral bermartabat, dan akhirnya lahir pemimpin yang betul-betul berarti dan bertanggung jawab terhadap pembangunan DPD itu sendiri," pungkas OSO.

Editor: Surya