Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Karimun Beri Bimtek Pembina Usaha Kesehatan Sekolah
Oleh : Wandy
Sabtu | 18-05-2019 | 08:28 WIB
bimtek-uks1.jpg Honda-Batam
Bimtek pembina UKS tingkat SD dan SMP Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun menggelar bimbingan teknik kepada pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kabupaten Karimun yang dilaksanakan di meeting room Hotel Alisah pada Jumat, (17/5/2019).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 80 orang pembinan UKS diantaranya 50 orang pembina UKS tingkat SMP dan 30 pembina UKS tingkat SD.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengatakan hal tersebut dilakukan guna memberikan pembinaan dan pengetahuan agar menanamkan kebiasaan hidup sehat sehari-hari kepada para siswa-siswi.

"Bimtek ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi guru pembina UKS, karena sebagai suatu institusi pendidikan, sekolah mempunyai peranan dan kedudukan strategis dalam upaya promosi kesehatan," kata Bakri.

Disamping itu, menurut Bakri selain memberikan pendidikan kesehatan para guru juga dapat melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dan pengobatan disekolah.

"Jadi banyak manfaat yang bisa diterima oleh para guru-guru ini dalam mengikuti kegiatan ini, disamping memberikan pemahaman kepasa siswa tentang kesehatan juga dapat memberikan pertolongan pertama jika terjadi sesuatu hal," jelasnya

Bakri berharap melalui kegiatan bimtek ini para guru pembina UKS di setiap sekolah bisa mengawasi kesehatan anak murid serta mengenal kelainan kesehatan sedini mungkin.

"Sebab promosi kesehatan di sekolah dapat menjangkau dua jenis populasi yaitu, populasi anak sekolah dan masyarakat umum atau keluarga," katanya.

Editor: Yudha