Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mick Jagger Maafkan Keith Richards di Film Dokumenter Terbaru
Oleh : Redaksi/RollingStone
Jum'at | 16-03-2012 | 17:16 WIB

LONDON, batamtoday - Band rock legendaris asal Inggris, The Rolling Stones telah dipastikan mengundur tur perayaan ulang tahun mereka ke-50 tahun ini ke tahun depan. Namun bukan berarti tak ada persembahan yang dirilis untuk para penggemar di tahun 2012 ini. 

Sebuah film dokumenter yang diakui oleh The Rolling Stones belum mereka beri judul hingga kini siap dirilis untuk menandai lima puluh tahun kiprah Mick Jagger dan kawan-kawan di kancah musik dunia. Film besutan sutradara Brett Morgen dan diproduseri oleh keempat personel The Stones sendiri ini rencananya akan diputar perdana pada September tahun ini. 

“Untuk siapapun yang ingin merasakan band ini, ini adalah film yang akan menentang konvensi (hal-hal yang sudah ada tentang band) dan menggelar permadani untuk membawa penonton ke dunia Rolling Stones. Film ini akan memberikan keaslian, keberanian, hal-hal yang seksi, dan berbahaya dari sebuah ikon band rock,” terang Morgen seperti dikutip NME

Film dokumenter ini nantinya akan menampilkan cuplikan dimana waktu akan mundur ke tahun 1962 saat awal mula karier The Rolling Stones bermusik. Beberapa arsip materi wawancara lama yang sifatnya tertutup dan pribadi turut ditampilkan, begitu juga dengan wawancara baru. 

Salah satu wawancara baru yang cukup menarik yang ada di dalam film ini adalah wawancara gitaris Keith Richards yang membahas komentarnya atas hinaan yang ia berikan kepada Mick Jagger di buku otobiografinya di tahun 2010, Life. 

Ketika ditanya mengenai konflik diantara keduanya yang terjadi pasca dirilisnya buku Life, baik Jagger maupun Richards yang diwawancara secara bersamaan menjawabnya dengan bijak. 

“Melihat kembali pada karier apapun dimana Anda terikat di dalamnya, keduanya akan mengalami masa pasang dan surut,” tutur sang vokalis. 

“Di tahun 1980an, sebagai contoh, Keith dan saya tidak berkomunikasi dengan baik. Saya sangat terlibat dengan urusan lain di luar The Stones, terutama karena saya merasa tak satupun (di band) tertarik akan hal ini, namun itu dijelaskan sekarang melalui buku bahwa Keith merasa dikucilkan, itu sayang sekali. Saya pun merasa saya harus beranjak (dari waktu itu),” jelas Mick Jagger. 

“Mick benar. Dia dan saya telah ngobrol selama setahun ini dimana kami tidak melakukannya dalam waktu yang lama. Ini adalah hal yang sangat penting bagi saya. Sejauh cerita dalam buku itu adalah tentang kisah saya dan sangat apa adanya, seperti yang saya maksud. Saya tahu beberapa bagian dan beberapa pemberitaan benar-benar menyerang Mick dan saya menyesali itu,” ungkap Richards menimpali ucapan kawannya itu. 

Selain merilis film dokumenter, The Rolling Stones dikabarkan akan merilis buku yang merupakan album foto baru yang menghadirkan tujuh ratus jepretan yang mengabadikan setiap momen yang dialami band ini. Buku foto ini nantinya akan diberi judul The Rolling Stones: 50.