Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resep Es Tebu Lemon, Minuman Berbuka Puasa yang Segar dan Manis
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-05-2019 | 16:16 WIB
es-tebu-lemon1.jpg Honda-Batam
Es tebu lemon (Dok. Plataran)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat berbuka puasa di bulan Ramadan 2019 setelah menahan lapar dan haus di tengah cuaca yang terik, tubuh butuh asupan yang dapat melepas dahaga. Minuman segar, dingin, dan manis tentunya paling pas untuk berbuka puasa.

Namun, jangan terlena dengan minuman dingin dan manis saja. Menu minuman saat berbuka puasa juga harus sehat. Anda dapat mencoba salah satu racikan minuman sederhana untuk berbuka puasa yakni es temon atau tebu lemon ala Plataran.

Es temon ini sebenarnya merupakan campuran dari perasan air tebu dan irisan lemon. Rasa manis alami dari tebu membuat minuman ini tak lagi perlu menggunakan gula tambahan sehingga baik bagi tubuh dan bahkan penderita diabetes.

Rasa manis dari tebu pun dinetralkan dengan asam dari lemon.

"Minum air tebu ini baik untuk diabetes karena sama sekali tidak pakai gula rafinasi. Asam lemon dapat menetralkan rasa sehingga manisnya berkurang dan begitu di mulut langsung hilang dahaganya," kata Vice President Plataran Venues & Dining Permana Sigidprawiro beberapa waktu lalu.

Berikut resep sederhana es temon atau tebu lemon untuk menu berbuka puasa:

Bahan:
1 batang tebu (dapat diganti dengan perasan air tebu yang banyak dijual)
1 buah lemon
es batu secukupnya

Cara membuat:
1. Perasan batang tebu dengan mesin giling tebu. Jika tak punya mesin pemeras tebu, tebu bisa dipotong kecil-kecil lalu diolah dengan slow juicer. Satu batang tebu cukup untuk tiga gelas es temon.
2. Iris lemon menjadi 4-6 bagian.
3. Campurkan air perasa lemon dengan batu es dan irisan lemon.
4. Es temon siap disajikan saat berbuka puasa.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha