Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi DBD Puskel Jemaja Lakukan Fogging
Oleh : Emmi/Dodo
Jum'at | 16-03-2012 | 14:59 WIB

ANAMBAS, batamtoday - Untuk mengantisipasi atau mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue, Pusat Kesehatan Masyarakat Keliling (Puskel) Jemaja melakukan pengasapan (fogging-red) di sekitar perumahan warga di Kecamatan Jemaja, Letung Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (15/3/2012). 

"Kita lakukan pengasapan ini untuk mencegah penyakit DBD apalagi sebentar lagi akan diadakan MTQ maka selain untuk mensterilkan jentik-jentik nyamuk kita juga lakukan penyuluhan kepada warga akan bahaya penyakit DBD,"ujar Tenaga Medis Puskel Jemaja, Budi kepada batamtoday, Jumat (16/3/2012). 

Budi menambahkan, pengasapan atau fogging tersebut dilakukan dini sebelum ada masyarakat yang terkena DBD. Pihaknya juga berusaha agar fogging tersebut akan dilakukan secara berkala namun sering terkendala karena beberapa program yang diusulkan kepada DPRD tidak disetujui. 

"Kita merencanakan kegiatan fogging ini secara rutin namun masalahnya adalah kendala di dana karena selain obat atau racunnya mahal anggaran yang kita ajukan kepada dewan banyak yang dicoret, inilah kendala kita karena anggaran yang tidak ada makanya kegiatan ini kita lakukan ketika momen tertentu saja misalnya musim hujan," kata Budi. 

Puskesmas keliling,kata Budi berkewajiban untuk menjaga kesehatan masyarakat dan untuk mencegah penyakit yang sering dialami oleh warga ditempat lain. Namun hingga saat ini untuk wilayah kecamatan Jemaja belum ada warga yang terkena penyakit DBD. "Syukur Alhamdulillah, hingga saat ini warga kita belum ada yang mengidap DBD, oleh karena itu pertama kita lakukan pencegahan sebelum terlambat karena penyakit DBD tersebut biasanya jentik-jentik nyamuk yang berkembang biak di genangan air bersih," ungkap Budi.