PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pleno KPU Kabupaten Anambas Tuntas, Perolehan Suara Jokowi-Ma'ruf Unggul
Oleh : Alfredy Silalahi
Jumat | 03-05-2019 | 14:42 WIB
pleno-anambas1.jpg honda-batam
Foto bersama KPU, Kapolres, Perwakilan TNI, Bawaslu dan Saksi Peserta Pemilu pada penutupan Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas menutup pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019, Jumat (3/5/2019) pukul 02.00 Wib dengan kesimpulan seluruh saksi peserta Pemilu menerima dan menyetujui hasil rekapitulasi.

"Hasil rekapitulasi ini bisa kami pertanggungjawabkan secara hukum maupun moral. Kami juga menjamin, kalau hasil rekapitulasi yang sudah ditandatangani oleh saksi peserta pemilu ini tidak akan berubah atau diutak-atik," kata Ketua KPU Anambas, Jufri Budi saat menutup Pleno Terbuka di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan.

Jufri mengakui, hasil rekap DPT dan DPTb belum sinkron seperti yang di ucapkan oleh Bawaslu. Saat ini pihaknya akan mencari solusi DB-1 pada masing-masing TPS.

"Kami akan menyinkronkan kembali DPT dengan DPTb. Mohon beri kami waktu, kalau sudah selesai akan kami serahkan kembali kepada Bawaslu," ucapnya.

Sementara, salah satu saksi dari Partai Perindo menyampaikan bahwa masih banyak suara yang tidak memenuhi syarat namun dimasukkan kepada calon legislatif (caleg). Seharusnya, sesuai aturan, suara tersebut masuk ke dalam partai.

"Dalam pleno tingkat kecamatan, banyak kami temui suara yang tidak memenuhi syarat tetapi dimasukkan kepada caleg. Kan sudah jelas, aturan UU Pemilu kemarin yang menguraikan bentuk suara sah atau tidak. Dan di situ juga diterangkan hasil pencoblosan yang akan dimasukkan kedalam partai," ucapnya.

Jufri menanggapi, bahwa KPU akan mengalihkan suara yang tidak memenuhi syarat menjadi suara partai.

"Kita akan sepakati untuk mengalihkan surat suara yang tidak memenuhi syarat untuk caleg, kita masukkan ke suara partai," ucapnya.

Pantauan di lapangan, proses rekapitulasi tersebut turut diamankan TNI-POLRI dimulai dari pembukaan hingga penutupan Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara 2019.

Kapolres Anambas, AKBP Junoto, yang ditemui saat penutupan Pleno Terbuka sangat mengapresiasi kerjasama seluruh peserta pemilu dalam menjaga suasana yang kondusif .

"Kita sangat mengapresiasi kerjasama seluruh elemen dalam menjaga suasana yang kondusif ini. Harapan kami juga suasana kondusif ini tetap dipelihara, sehingga tercipta kondisi aman dan nyaman di tengah masyarakat," ucapnya.

Dari hasil pleno terbuka rekapitulasi tersebut, pasangan Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf meraih suara 17.240 sedangkan nomor urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh 8.867.

Editor: Yudha