PKP

Bahas Penanggulangan Kebakaran, Pemkab Natuna Gelar Rapat Lintas Sektoral
Oleh : Kalit
Kamis | 25-04-2019 | 18:41 WIB
rapat-ls-3.jpg honda-batam
Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi bersama Dandim 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana saat memimpin rapat lintas sektoran untuk menanggulangi kebakaran. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintah Natuna mengadakan pertemuan rapat lintas sektoral untuk membahas penangulangan lahan terbakar setelah menjadi sorotan Pemerintah Pusat dengan terdeteksinya 41 titik panas di Natuna.

Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Natuna, Wan Siswandi bersama Dandim 0318/Natuna, Letkol Czi Ferry Kriswardana. Mereka, membahas tentang adanya keterangan laporan BMKG Pusat tentang terdeteksi 41 titik panas di Natuna dan banyaknya lahan masyarakat terbakar.

Meningkatnya jumlah lahan terbakar saat musim kemarau berkepanjangan di Kabupaten Natuna, Kepri menjadi atensi besar bagi Pemerintah Daerah dan pihak FKPD. "Dengan adanya dukungan dari pihak TNI-Polri dan instansi terkait seperti Dinas Damkar, BMKG Natuna, Basarnas dan peran aktif masyarakat dalam mengawasi kebakaran diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan ini," kata Wan Siswandi, saat membuka rapat.

Sementara Dandim 0318/Natuna, Letkol Ferry Kriswardana mengimbau, untuk Pemda dan warga selalu ditingkatkan lagi kekompakan dan selalu kerja sama dalam menjaga kondisi wilayah Natuna.

"Kita harus kompak dalam menangapi permasalahan kebakaran di Natuna, saya juga sudah memberikan instruksi kepada semua jajaran sampai Babinsa untuk mensosialisasikan jangan buka lahan dengan cara membakar," ucap Ferry.

Disampaikan pihak BMKG Natuna, laporan tentang deteksi titik panas agar dapat dipahami bukan berarti titik api dan berdasarkan pantauan untuk Kabut asap cenderung meningkat pada pagi, karena kondisi kelembapan udara yang cukup tinggi dan angin yang bertiup masih kategori teduh sehingga saat penguapan udara terjadi kabut asap di wilayah kebakaran tidak bisa kemana-mana. (*)