PKP

Buka Sosialisasi SPIP Natuna, Ngesti: Pengelolaan Keuangan Daerah Harus Transparan
Oleh : Kalit
Selasa | 16-04-2019 | 10:28 WIB
spid-3.jpg honda-batam
Wakil Bupati Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti saat membuka sosialisasi SPIP.

BATAMTODAY.COM, Natuna - Wakil Bupati Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti secara langsung membuka kegiatan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dalam Tata Kelola Keuangan Daerah, Senin (15/05) di Aula Hotel Tren Central Natuna.

Dalam sambutannya, Wabup Ngesti mengatakan, tata kelola pemerintah yang baik merupakan respon dari penyelenggara negara atas amanah masyarakat dalam penyelenggara pembangunan dan pengelolaan keuangan negara agar dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

"Pelaksanaan program dan kegiatan yang efisien dan efektif serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat tercermin melalui penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dengan baik," ujarnya.

"Dan harus disiplin anggaran dan mematuhi peraturan perudang-undangan yang berlaku," imbuhnya.

Selain itu, Wabup Ngesti juga menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan amanah Undang Undang nomor 1 tahun 2004 tentang Pembendaharaan Negara dalam pasal 56 yang menjelaskan bahwa Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah selaku Pengguna Anggaran/Pengguna barang memberikan pernyataan bahwa pengelola APBD telah diselenggarakan berdasarkan Sistem Pengendalian Intern yang memadai dan akuntansi keuangan telah diselenggarakan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.

Menurutnya, dengan penerapan SPIP juga menunjukan bahwa Satuan Kerja telah membangun komunikasi dan berusaha untuk menghindari resiko atas kegagalan dalam mencapai tujuan.

Kegiatan yang berlangsung beberapa jam ini dihadiri H Tyrtayasa, Kepala Inspektorat, Moh Husen; Asisten Administrasi Umum, Drs Izwar Asfawi; Kepala BPKP RI Perwakilan Kepulauan Riau, Indra Khaira Jaya dan OPD Kabupaten Natuna. (*)