Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Galangan Kapal Bisa Jadi Obyek Wisata
Oleh : ocep
Senin | 12-03-2012 | 18:32 WIB

BATAM, batamtoday - Menteri Negara Lingkungan Hidup mengatakan banyaknya industri galangan kapal yang berada di kawasan pesisir Kota Batam bisa menjadi obyek pariwisata di daerah tersebut.

Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Balthasar Kambuaya mengungkapkan keberadaan galangan kapal di Kota Batam cukup menarik dijadikan perjalanan wisata.

"Batam bisa membuat tur di sekitar galangan kapal, pasti akan menjadi peringkat yang lebih baik," ujarnya saat berkunjung ke Batam, Senin (12/3/2012).

Wisata galangan kapal di Batam menurutnya bisa mendongkrak Batam melampaui Bali dan Jakarta sebagai daerah terbanyak dikunjungi wisatawan asing.

Karena itu dia berharap Pemerintah Kota Batam bisa membuat tur pariwisata di sekitar kawasan galangan kapal untuk mendongkrak sektor kepariwisataan.

Rombongan Kementerian sebelum mengunjungi KI Batamindo sempat meninjau kawasan galangan kapal di Tanjung Uncang dengan menggunakan ferry.

Dalam tinjauan itu, rombongan sempat melihat beberapa perusahaan galangan kapal asing yang beroperasi di Tanjung Uncang seperti Drydocks World Dubai.

Menurutnya, dengan adanya tur wisata di galangan kapal bisa menarik wisatawan asing untuk mengetahui operasi perusahaan pembuatan kapal dan perbaikan kapal di Batam.

Usai tinjauan galangan kapal, menurutnya Kota Batam sudah memenuhi syarat untuk menjadi 'Green City' jika dilihat saat ini Kota industri ini sudah termasuk bersih.

Kedepannya, Batam bisa dijadikan 'Sustainable City' agar kota ini dapat tetap hijau dan sektor pariwisata tetap berjalan meski sektor industri tetap bertumbuh.

"Lima tahun lalu Batam masih merah, sekarang jadi hijau, Batam sangat memenuhi syarat untuk jadi Green City, Sektor pariwisata sangat tergantung dari hal ini," bilangnya.