PKP

Tim Safety Riding Honda Edukasi Pelajar SMP Globe National Plus Batuaji
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 11-04-2019 | 11:04 WIB
national-plus.jpg honda-batam
Edukasi safety riding dari Tim Honda di SMP Globe National Plus Batuaji. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Safety Riding Capella Honda kembali berkunjung ke sekolah-sekolah guna memberikan edukasi. Kali ini bertandang ke SMP Globe National Plus Batuaji.

Setidaknya ada 100 siswa yang diedukasi pada kesempatan itu. Dibuka oleh Waka Kesiswaan Sekolah Globe National, Pininta Rodua. Edukasi keselamatan berkendara kali ini berisi tentang tata tertib di jalan raya.

Mengingat para peserta adalah siswa sekolah menengah pertama yang nota bene belum menggunakan kendaraan sendiri ke sekolah, maka mereka diberikan wawasan tentang bagaimana menyeberang jalan, berjalan kaki di jalan yang tidak ada trotoarnya dan pengenalan rambu.

Yang menarik, saat ditanya tentang posisi berjalan kita di jalan tanpa trotoar hampir seluruh siswa menjawab di sebelah kiri. Hanya satu siswa yang menjawab di sebelah kanan, namun setelah ditanya apa alasannya siswa tersebut menjawab tidak tahu.

"Jadi adik-adik, saat kita berjalan di jalan yang tidak ada trotoarnya kita harus berjalan dengan menghadap arus lalulintas," kata PIC Safety Riding Capella Honda wilayah Kepri, Budi Winarto, Rabu (10/4/2019).

"Kalau kita searah dengan arus lalu lintas, maka kita akan berisiko ditabrak dari belakang karena kita tidak dapat melihat kendaraan yang melaju searah jalan kita," kata Budi memberi penjelasan.

Di sesi pengenalan rambu para siswa diminta untuk menebak apa arti dari rambu yang diperlihatkan di layar. Ada tiga jenis rambu yang ditampilkan yaitu rambu larangan, rambu peringatan dan rambu perintah.

Bagi yang berhasil menyebutkan dengan baik diberi hadiah menarik oleh Tim Safety Riding Capella Honda. Edukasi Safety Riding bertajuk #cari_aman demi kecerdasan bangsa ini ditutup dengan pembagian booklet cara berkendara aman.

"Bagi sekolah atau perusahaan dan instansi yang ingin mengadakan kerja sama edukasi Safety Riding dengan kami, silakan menghubungi dealer Honda terdekat. Pasti kami bantu," tutup Budi.

Editor: Gokli