Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Kepri Arahkan Kabupaten/Kota Laporkan Kekurangan Logistik Surat Suara ke Silog KPU
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 30-03-2019 | 12:52 WIB
surat-suara5.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Logistik surat suara di sejumlah kabupaten/kota di Kepri mengalami banyak kekurangan. KPU Provinsi Kepri meminta KPU Kabupaten/kota di Kepri agar segera mengajukan kekurangan tersebut ke KPU RI melalui Sistim Infromasi Logistik (Silog) Pemilu.

Ketua KPU kepri Sri Wati mengatakan, dari Rapat Koordinasi KPU Pusat dengan seluruh KPU di Indonesia di Jakarta, KPU RI telah mengeluarkan surat nomor 384 ke seluruh KPU Provinsi dan Kabupaten/kota, untuk segera mengajukan ke pusat.

"Untuk kekurangan logistik berdasarkan surat KPU-RI ini, diminta pada masing-masing satker untuk merekapnya, dan menyampaikanya melalui Silog Pemilu paling lambat 1 April 2019," ujar Sri Wati saat dikonfrimasi BATAMTODAY.COM, Jumat,(29/3/2019) malam.

KPU sebagai penerima dari rekanan pengadaan logitik melalui ekspedisi pengiriman sampai ke gudang KPU kabupaten/kota tambah Sri, sebelumnya telah direkap dan dilaporkan.

"Selanjutnya, atas adanya kerusakan dan surat suara tidak bisa dipakai setelah disortir, menjadi tangungjawab penyedia,"Jelas Sri.

Sementara itu, anggota KPU kota Tanjungpinang, M Yusuf mengatakan, kendati saat ini penyortiran dan pebagian surat suara per daerah pemilihan di Kota Tanjungpinang sudah dilakukan, namun KPU belum melakukan rapat pleno penetapan dan kekurangan logistik surat suara Pemilu 17 April 2019 itu.

"Penyortiran memang sudah selesai dilakukan, tetapi Pleno KPU, terhadap berapa yang rusak dan kekuranganya belum kami plenokan, karena komisioner belum lengkap, dan ada kegitan rakor di Jakarta," sebutnya.

Logistik Pemilu Natuna dari Kapal Kandas Berhasil Dievakuasi

Kapal Bayu Permata rute Tanjungpinang-Ranai Kabupaten Natuna membawa logistik Pemilu 2019 yang kandas di Perairan Pulau Rusa, Kecamatan Bintan Timur Bintan, Jumat (29/3/2019) kemarin, sudah dapat dievakuasi.

Ketua KPU Kepri Sri Wati mengatakan, pihaknya juga telah mendapat infromasi itu pada sore hari dan langsung meminta bantuan Basarnas serta TNI-AL.

"Benar yang dibawa logistik Pemilu, berupa formulir non e-katalog seperti Formulir C2 dan C7 yang pengadaannya dilaksanakan di Pekan Baru," ujarnya.

Saat ini tambah Sri, formulir logistik pemilu di Kabupaten Natuna itu sudah berhasil diselamatakan dan dipindah dari Kapal Bayu Permata ke Kapal Ranai 1.

Editor: Chandra