Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Kekurangan Fasilitas Komputer

Bupati Natuna Tinjau UNBK SMKN 1 Bunguran Timur
Oleh : Kalit
Senin | 25-03-2019 | 17:52 WIB
unbk-smk1-butim1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal tinjau pelaksanaan UNBK SMKN 1 Bunguran Timur. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal tinjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMKN 1 Bunguran Timur, Jalan Taruna Bandarsyah, Senin (25/3/2019).

Pada saat peninjauan tersebut, Bupati mengaku sangat miris dengan keadaan sarana prasana sekolah yang masih kekurangan fasilitas komputer untuk menerapkan ujian berbasis komputer.

"Kita tidak bisa berbuat banyak untuk membantu pengadaan komputer. Kewenangan semua ada di provinsi melalui dinas pendidikan," ucap Hamid di dampingi Kadis Pendidikan Natuna, Suherman dan Kepala Sekolah SMKN 1, Aswana.

Dilanjut Hamid, sekolah harus membuat pengajuan ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepri untuk pengadaan komputer. Pengajuan juga harus masuk ke Musrembang Provinsi Kepri dalam skala perioritas.

Dalam kesempatan itu, Hamid juga memberikan nasehat kepada 55 orang Taruna dan Taruni untuk selalu disiplin, patuh terhadap guru, belajar yang serius dan menghindari narkoba.

Sementara, Kepsek SMKN 1 Bunguran Timur, Aswana mengatakan, untuk mengatasi kekurangan komputer pihaknya telah mengajukan pengadaan 40 unit komputer kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Saat ini hanya ada 20 komputer yang tersedia setelah meminjam dari sekolah lain.

"Dari 55 peserta ujian dibagi menjadi 3 sesi setiap harinya. Selama 4 hari UNBK, siswa mengerjakan soal ujian Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan teori kejuruan," terangnya.

Ditambah Aswana, hal yang dikhawatirkan saat pelaksanaan UNBK adalah listrik. Namun pihak sekolah telah mempersiapkan mesin genset.

Sementara untuk fasilitasi jaringan internet, Telkom Ranai telah mendukung dengan Wifi melalui Dinas Kominfo Natuna. (*)