Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Badrodin Haiti Dorong Pengurus Inkanas Ciptakan Atlet Kelas Dunia
Oleh : Hadli
Sabtu | 09-03-2019 | 09:16 WIB
bh-karate-do.jpg Honda-Batam
Ketua Umum PB Institut Karate-Do Nasional (Inkanas), Jendral Pol (Purn) Badrodin Haiti. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Umum PB Institut Karate-Do Nasional (Inkanas), Jendral Pol (Purn) Badrodin Haiti meminta kepada pengurus Inkanas menjadikan atlet Karate-Do tindak hanya ke tingkat nasional.

"Inkanas Piala Kapolri ini merupakan pertandingan tingkat nasional. Pengurus, pelatih dapat menggembleng atletnya yang memiliki bakat, untuk masuk ke olahraga Karate-Do ini ke level dunia," ujarnya, saat menghadiri jamuan Dinner Gubernur Sumatera Barat Kejuaraan Inkanas Piala Kapolri VIII 2019 di Rumah Dinas Gubernur, Jumat (8/3/2019) malam.

Kapolri ke-22 ini menambahkan, saat ini baru ada 4 atlet Inkanas yang masuk ke tingkat dunia. Keempat atlet ini digembleng sampai 6 bulan sebelum pertandingan.

Sebabnya, kata dia, dana yang dikeluarkan untuk ikut tingkat dunia tidak sedikit. "Jangan sampai setelah masuk arena langsung keluar. Jadi harus benar-benar digembleng agar dapat membanggakan bangsa," tegas Akpol 1982 tersebut.

Tidak hanya atlet, wasit juga menjadi perhatian mantan Kapolri ini. Wasit Inkanas juga harus digembleng agar lolos seleksi tingkat dunia. Terlibat pertandingan di Kanada, Brasil, Rusia, Eropa Timur dan lainnya.

"Karate tidak hanya seni bela diri, olahraga, meraih medali, tetapi inilah hidup kita. Insan karate itu bertujuan tidak sampai berprestasi, tetapi sampai akhir hayat. Karena karate membentuk diri, sportifitas, tidak sombong, rendah hati, menjunjung tinggi kejujuran. Nilai-nilai itu yang perlu kita tanamkan pada diri sendiri dan atlet kita," kata Badrodin Haiti, yang pernah menjabat empat kali berturut-turut sebagai Kapolda (Banten, Sulteng, Sumut dan Jatim).

Inkanas Piala Kapolri, tambah mantan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri ini adalah puncak aganda tertinggi nasional untuk menguji kemampuan atlet.

"Mari kita berkompetisi tetapi jangan sampai lupa persaudaraan kita. Yang unggul kita akui, yang tertinggal latih kembali untuk ke depan," tutupnya.

Selain Ketua PB Umum Inkanas Jendral Pol (Purn) Badrodin Haiti dalam Jamuan Dinner Gubernur Sumatera Barat Kejuaraan Inkanas Piala Kapolri VIII 2019, di Rumdin Gubernur, Jumat (8/3/2019) malam, juga dihadiri Sekjen Inkanas, Irjen Sam Budigusdian, Pejabat Provinsi Sumbar, perwakilan ke-34 Inkanas dan sebagai tuan rumah Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Editor: Gokli