Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keberadaan Napi Lapas Batam yang Kabur Terdeteksi
Oleh : Ali/Dodo
Senin | 05-03-2012 | 17:41 WIB

BATAM, batamtoday - Aldi bin Gustamil (27) warga binaan yang melarikan diri pada Senin (13/2/2012) sekitar pukul 14.00 WIB telah terdeteksi keberadaannya oleh petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam. Dipastikan keberadaannya masih berada di Batam. 

"Sudah diketahui keberadaannya (Aldi-red). Gerak-geriknya masih dalam pengintaian. Kami menunggu perintah dari atasan untuk menangkap Aldi," ujar petugas Lapas yang minta identitasnya dirahasiakan, Senin (25/3/2012). 

Seperti diberitakan sebelumnya, terhitung dengan hari ini, warga Tiban Kampung itu telah meninggalkan Lapas kelas IIA Batam selama 21 hari. Padahal, saat melarikan diri, Aldi telah menjalani asimilasi, dimana melalui syarat yang terpenuhi telah menjalani setengah masa tahan. 

Bahkan pria tersandung kasus pencurian itu bila tidak melarikan diri dari Lapas dipastikan sudah akan bebas pada 13 Juni 2012 mendatang. Dan semestinya juga sebelum dinyatakan bebas warga binaan yang kabur ini seharusnya sudah mendapat Cuti Bersyarat (CB) terlebih dahulu pada  (15/3/2012) lantaran mendapat CB yang dimaksud melalui penilaian Tim Pengamat Permasyarakatan (TPP) yang terdiri dari sembilan orang pengawai Lapas yang mempunyai jabatan penting di lembaga tersebut. 

Aldi sendri merupakan warga binaan Lapas Klas 2A Batam yang kesehariannya bertugas membersihkan lingkungan Lapas dan sudah memenuhi syarat mendapat CB karena selama menjalani massa tahanan tidak pernah membuat keonaran.  

"Selama ini dia (Aldi-red) berkelakukan baik, jujur dan ramah, makanya petugas tidak menaruh curiga sama sekali bila dia mau kabur," terangnya lagi. 

Akibat kaburnya Aldi, kata sumber ini kembali, banyak petugas dan warga binaan dibikin susah. Karena petugas dan warga binaan harus mencari informasi lewat warga binaan yang ada memiliki akses di pulau-pulau, tepatnya di sekitar Kepulauan Riau.