Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMA Maetreyawira Tanjungpinang Juara Pertama Cerdas Cermat Matematika se-Kepri
Oleh : Roland
Minggu | 03-03-2019 | 16:04 WIB
cerdas_cermat+matematika.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Lomba cerdas cermat Matematika yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika (Himatika) Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sekolah Menengah Atas (SMA) Maetreyawira Tanjungpinang tampil jadi pemenang pertama dalam perlombaan cerdas cermat Matematika yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika (Himatika) Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) di Gedung Arsip Pemko Tanjungpinang, Sabtu (2/3/2019).

Dari sembilan sekolah menengah atas se-Kepri yang mengikuti perlombaan ini, juara satu diraih oleh SMA Maetreyawira Tanjungpinang dengan skor 940 poin. Juara dua diraih SMA Negeri 2 Tanjungpinang dengan skor 370 poin, untuk juara juara 3 SMA Negeri 1 Bintan Utara dengan skor 270 poin, dan juara harapan satu diraih oleh SMA Negeri 4 Tanjungpinang dengan skor 100 poin.

Ketua Program Studi Matematika Umrah, Febrian, mengatakan dirinya sebagai ketua jurusan sangat berterimakasih, dan selamat datang kepada Dosen-dosen Pendidikan Matematika serta dari seluruh utusan-utusan SMA yang ada di Kepri.

"Dengan lomba cerdas cermat iini bisa melebarkan sayap dan prestasi ke beberapa daerah. Meskipun hanya beberapa sekolah bisa berprestasi dalam kegiatan ini," katanya.

Dengan tema menggali potensi siswa dalam berfikir matematis dan kritis guna mewujudkan generasi yang cerdas/kompetitif/dan kreatif. Dalam perlombaan ini adalah jurinya dosen-dosen program studi Matematika.

"Saya yakin semua perserta sudah mengenal Umrah. Jadi Umrah satu-satunnya universitas negeri yang ada di Tanjungpianng dan itu wajib diketahui siswa yang berada di bangku SMA," ujarnya.

Dia juga berharap dari beberapa siswa-siswi yang mengikuti cerdas cermat tersebut ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, dan Umrah bisa menjadi referensi sebagai tempat perguruan tinggi yang diminati.

"Hampir semua guru-gurunya, alumni Umrah sudah mengajar di wilayah Kepri," katanya.

Ia berharap siswa-siswi yang ada disini, selain pintar harus taktis dan strategis. Selain itu pada tahun ini diharapkan jurusan Matematika Umrah akreditasinya akan menjadi Baik meskipun saat ini Cukup.

"Untuk mencapai akreditasi Baik, Kami melakukan kerjasama dan penelitian maupun pengabdian dalam bidang ilmu Matematika dengan tujuan untuk memajukan pendidikan Matematika di Kepri," Harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Cerdas Cermat Himatika, Maharani Delta Dewi, mengucapkan terimakasih kepada seluruh Sekolah-sekolah yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dalam perlombaan ini ada sebanyak 9 SMA yang ada di Kepri. "Dari 9 sekolah itu, terdiri dari 10 Tim," ucapnya.

Ia menyebutkan diantaranya SMA Ngeri 2 Tanjungpinang ada dua tim, SMA Swasta Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina Tanjunguban, SMA Negeri 1 Tanjungpinang, SMA Negeri 6 Tanjungpinang, SMA Negeri 1 Bintan Utara, SMA Maiteyawira, SMA Negeri 4 Tanjungpinang, SMA Negeri 1 Lingga, dan SMA Pelita Nusantara.

"Untuk juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah Rp 2,5 juta serta tropi dan sertifikat. Sedangkan untuk harapan sertifikat dan tropi," tutupnya.

Editor: Surya