Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nikmati Pantai Mak Dare Sambil Ikuti Pelombaan Jong Batam 2019
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 25-02-2019 | 19:40 WIB
jong-batam.jpg Honda-Batam
Perlombaan Jong yang merupakan permainan tradisional masyarakat melayu. (foto: Irwan).

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Batam menggelar kegiatan olahraga rekreasi dan tradisional, yaitu Lomba Jong Batam 2019. Kegiatan akan berlangsung di Pantai Tanjung Mak Dare, Kampung Melayu, Batubesar, Nongsa pada 13-15 Maret 2019 mendatang.

Selain bisa menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa menikmati perlombaan tradisional masyarakat Melayu. Jong, merupakan permainan dengan menggunakan replikas perahu layar, kendati demikian perahu tersebut juga bisa berlajar ratusan meter.

Event tersebut menjadi agenda tahunan Dispora Kota Batam. Dimana, event ini awalnya telah berlangsung selama 18 tahun oleh masyarakat Melayu Batubesar. Semenjak Tahun 2015 hingga sekarang, dianggarkan oleh Pemko Batam melalui Dispora Kota Batam yang tertuang dalam kegiatan penyelenggaraan olahraga rekreasi dan tradisional.

"Lomba Jong Batam 2019 ini juga didukung Disbudpar Kota Batam, sehingga lebih banyak lagi peserta dan penonton yang berasal dari Luar Negeri atau Wisman," ujar Kadispora Kota Batam Hendriana Gustini, Senin (25/2/2019).

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, kegiatan diprediksi akan meriah karena peserta dibuka untuk masyarakat Kepulauan Riau dan sekitarnya, termasuk dari negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura.

"Lomba Jong Batam 2019 bisa diikuti semua lapisan masyarakat dari semua kelompok umur. Panitia membagi atas beberapa kategori. Antara lain kelas jong kecil dengan ukuran 1-1,29 meter, jong sedang 1,30-1,59 meter, jong besar 1,60-1,90 meter, dan kelas jong untuk anak-anak," ujarnya.

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menyatakan, syarat-syarat yang wajib dipatuhi peserta, yaitu layar jong harus terbuat dari bahan jenis parasut dan tidak diperkenankan pakai bahan plastik. Jika melanggar, peserta akan didiskualifikasi dan otomatis gugur dari perlombaan.

"Kegiatan ini menyediakan hadiah total sebesar Rp61 juta. Pendaftaran dibuka mulai 1 Maret dan ditutup pada 10 Maret. Tidak lama, maka masyarakat pecinta jong sebaiknya segera mendaftar," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar menambahkan, Lomba Jong Batam 2019 sudah memasuki tahun ke-18. Dari tahun ke tahun perhelatan semakin meriah sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Batam.

"Kami bangga sekali melihat masyarakat Kampung Melayu yang terus melestarikan budayanya. Jika dikemas dengan baik dan dipromosikan secara luas, kegiatan seperti ini akan menjadi tontonan yang menarik," ungkapnya.

Editor: Chandra