Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

161 Secara Mandiri, 22 Numpang di Sekolah Lain

Tahun Ini, 183 SMA Sederajat di Kepri Laksanakan UNBK
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-02-2019 | 09:40 WIB
unbk-simulasi.jpg Honda-Batam
Simulasi UNBK di SMAN 1 Singkep, Lingga. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 183 sekolah tingkat SMA/SMK dan MA di lingkungan Provinsi Kepri bakal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019 ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Muhammad Dali di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Dikatakan Dali, dari 183 sekolah yang menggelar UNBK di Provinsi Kepri sebanyak 161 sekolah melaksanakan ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK secara mandiri atau di sekolah sendiri. "Sedangkan 22 sekolah bakal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK dengan menumpang di sekolah lain," ungkap Dali, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Menurut Dali, pelaksanaan UNBK di sekolah lain ini dilakukan karena belum semua sekolah dapat melaksanakan UNBK di sekolah nya masing-masing.

"Persoalan fasilitas yang menunjang seperti ketersediaan komputer bahkan jaringan internet yang memadai menjadi penghalang untuk semua sekolah menyelenggarakan UNBK disekolah masing-masing," ungkap Dali.

Namun begitu, Dali optimis walaupun pelaksanaan UNBK dilakukan dengan di sekolah lain namun semangat siswa tidak surut untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini.

Secara lebih rinci, dikatakan Dali bahwa sekolah-sekolah SMA/SMK/MA di Provinsi Kepri yang melaksanakan UNBK di sekolah lain yakni 2 sekolah di Kota Tanjungpinang, 9 sekolah di Kota Batam, 2 sekolah di Kabupaten Bintan, 4 sekolah di Kabupaten Karimun, 3 sekolah di Kabupaten Natuna, 2 sekolah di Kabupaten Lingga dan 1 sekolah di Kabupaten Anambas.

Sementara itu, ditambahkan Dali untuk tingkat SMA/SMK/MA Se Kepri sebanyak 75 sekolah yang masih melaksanakan Ujian Nasional dengan cara manual yakni Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Editor: Gokli