Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasang Nomor Call Centre Palsu

Awas, Bandit ATM Beraksi Lagi
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 01-03-2012 | 12:36 WIB
ATM.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Tak teliti masuk tempat mesin Ajungan Tunai Mandiri (ATM), uang Anda akan terkuras. Seperti halnya yang dialami Elson Sitorus (32) warga kavling Seroja blok A1/160 Sagulung terpaksa kehilangan uang sebanyak Rp5 juta di mesin ATM BNI di kawasan Pasar Sagulung, Kamis (1/3/2012) sekitar pukul 10.00 WIB. 

Keterangan korban saat membuat laporan polisi di Mapolsek Sagulung, kejadian berawal ketika Elson hendak mengambil uang dari ATM miliknya, dimana saat ATM tersebut di masukkan ke dalam mesin, tiba-tiba mesin ATM macet, sehingga card ATM milik Elson jadi nyangkut

"Begitu ATM itu saya masukkan langsung ketelan. Setelah saya periksa ternyata ada lidi yang ganjal di dalam," papar Elson. 

Kondisi itu membuat Elson panik, sehingga dia menanyakan beberapa warga yang ada di lokasi. Beberapa orang pria menyuruh Elson untuk menghubungi nomor call center yang tertera di mesin. 

"Begitu saya hubungi, call center itu menjawab supaya memasukkan nomor pin ATM. Saya pikir itu bisa membantu, lalu pin ATM saya masukkan" jelas Elson. 

Beberapa saat setelah masukkan nomor pin, mesin ATM itu kembali berfungsi, dan ternyata uang milik Elson sudah raib sebanyak Rp5 juta. 

"Saya baru sadar ternyata nomor call center itu palsu, dan di dalam mesin ATM ada lidi kecil yang mengganjal," katanya. 

Dengan kejadian ini, Elson mengatakan supaya pengguna ATM berhati-hati dan teliti masuk tempat mesin ATM, lantaran dia tak mau kejadian yang dialaminya terjadi dengan orang lain. 

"Kalau bisa pengguna ATM supaya hati-hati. Untuk beberapa bank yang punya mesin ATM tolong lakukan pemeriksaan," himbau Elson bagi warga lain.