Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akan Segera Dicairkan

Ini Penjelasan Disdik Kepri Penyebab Tunjangan Sertifikasi Guru Belum Dicairkan
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 08-02-2019 | 15:04 WIB
cair-19.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri menjelaskan penyebab tunjangan sertifikasi yang ditanyakan beberapa guru di Kabupaten Lingga belum dibayar hingga saat ini. Disdik menyatakan pembayaran itu ditunda (Carry Over) dan akan segera dibayar.

"Soal kenapa belum dibayar, karena anggarannya habis. Tidak cukup untuk triwulan 4 tahun 2018 kemarin," kata Kepala Disdik Provinsi Kepri melalui Staf PTK Bagian SMA-nya, Rizal saat dihubungi BATAMTODAY.COM melalui sambungan seluler, Jumat (8/2/2019).

Anggaran itu habis karena tidak cukup, baik untuk pembayaran tunjangan profesi, tambahan penghasilan dan tunjangan khusus. Disdik Kepri selama di tahun 2018 lalu hanya mampu membayar pada triwulan 1, 2 dan 3 saja.

"Bukan tidak dibayar, cuman ditunda. Nanti dibayar pakai sistem Carry Over. Yang jelas triwulan 1,2,3 kemarin dah selesai semua," ujar Rizal.

Namun Rizal mengaku, untuk pencairan tunjangan triwulan 4 belum tahu dilakukan kapan. Karena pihaknya masih menunggu SK Carry Over dari Pemerintah Pusat. Jika keluar, maka segera akan diproses.

Rizal juga menjelaskan, sebenarnya masalah tunda pembayaran ini sudah diedarkan pihaknya ke setiap sekolah dan operator. Edaran tersebut dilakukan pada tanggal 31 Desember 2018 lalu.

Mungkin menurutnya beberapa pihak sekolah tidak menjelaskan ke gurunya atau hal yang lain, sehingga masih keluar pertanyaan seperti ini. "Kita sebenarnya juga tidak mau menunda-nunda hak orang. Karena kita risih juga, nambah pekerjaan," ungkapnya.

Ia berharap kepada guru bersabar. Pembayaran akan tetap akan dilakukan pada tahun 2019 ini.

"Uangnya sudah ada. Cuman kita masih menunggu SK pencairannya," tutup Rizal.

Editor: Gokli