Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, 319 Sekolah di Kepri Masih UNKP
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-02-2019 | 11:04 WIB
319-unkp.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, HM Dali. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY,COM, Tanjungpinang - Sebanyak 319 sekolah mulai dari tingkat SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA di Provinsi Kepri masih melakukan Ujian Nasional secara manual atau disebut Ujian Nasional Kertas Pensil pada tahun 2019 ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, HM Dali di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. Dikatakan Dali, meskipun saat ini pelaksanaan Ujian Nasional telah berbasis Komputer, namun masih terdapat beberapa sekolah yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepri yang masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

"Masih ada beberapa sekolah di Kepri yang melaksanakan Ujian Nasional menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LIK)," ungkap Dali, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Dali menambahkan, pelaksanaan UNKP di beberapa sekolah ini dikarenakan masih terbatasnya akses dan sarana prasarana untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Untuk tingkat SMP se-Provinsi Kepri ada sekitar 210 sekolah yang masih ujian menggunakan metode UNKP ini yangmana 5 sekolah di Kota Tanjungpinang, 71 sekolah di Kota Batam, 18 sekolah di Kabupaten Bintan, 44 sekolah di Kabupaten Karimun, 20 sekolah di Kabupaten Natuna, 28 sekolah di Kabupaten Lingga dan 24 sekolah di Kabupaten Anambas," jelas Dali.

Sementara untuk MTs, lanjut Dali, yang menggunakan UNKP sebanyak 8 sekolah di Kabupaten Bintan, 8 sekolah di Kabupaten Karimun, 12 sekolah di Kabupaten Natuna, 2 sekolah di Kabupaten Lingga dan 4 sekolah di Kabupaten Anambas.

"Untuk tingkat SMA se-Kepri, sebanyak 23 Sekolah yang menggunakan UNKP di Kota Batam, 6 sekolah di Kabupaten Bintan, 5 sekolah di Kabupaten Karimun, 8 sekolah di Kabupaten Natuna, 6 sekolah di Kabupaten Lingga dan 4 di Kabupaten Anambas," ujar Dali kembali.

Sedangkan tingkat MA, tambah Dali, 2 sekolah di Kabupaten Karimun, 1 sekolah di Kabupaten Natuna, 2 sekolah di Kabupaten Lingga dan 3 sekolah di Kabupaten Anambas. "Dan terakhir untuk tingkat SMK se-Kepri yang masih menggunakan UNKP yakni 11 sekolah SMK di Kota Batam, 1 sekolah di Natuna, 1 sekolah di Lingga dan 2 sekolah di Anambas," tutupnya.

Editor: Gokli