Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Siswa SMPN 1 Meral Ikuti Khatam Qur'an
Oleh : Freddy
Sabtu | 02-02-2019 | 15:52 WIB
khataman-alquran-meral1.jpg Honda-Batam
Khatamam Qur'an di SMPN 1 Meral, Kabupaten Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sedikitnya ada 150 anak dari beberapa kelas di SMPN 1 Meral mengikuti Khatam Al Qur'an yang dilaksanakan di halaman sekolah SMPN 1 Meral, Sabtu (2/2/2019) pagi.

 

Sebelumya, para siswa dan guru melakukan pawai keliling dengan berjalan kaki dimulai dari sekolah menuju Jalan Ahmad Yani Meral, belok bengkel kembali menuju sekolah.

Kepala sekolah SMPN 1 Meral, Romanda Siallagan mengatakan, kegiatan Khatam Al Qur'an ini merupakan kegiatan perdana atau yang pertama kali dilaksanakan. Namun pelaksanaannya telah diagendakan setiap tahunnya.

"Karena salah satu Azam kabupaten Karimun iman dan taqwa. Jadi salah satu Azam ini kita dukung melalui sekolah," ujarnya.

Melalui program 'one day one ayat' maka diharapkan dapat membentuk generasi millenial berkarakter dan memperkuat iman dan taqwa.

"Dengan ditanamkannya iman dan taqwa dan pendidikan karakter, Romanda Sialagan berharap akan terbentuk generasi emas bangsa yang tidak arogan dan takabur," ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini, anak didiknya memiliki pegangan ilmu agama yang kuat untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Reza Kurniati dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini terlaksana karena kepedulian dengan pendidikan.

"Alhamdulillah hari ini ada sebanyak 150 anak akan khataman Alquran. Kegiatan ini dapat terselenggara dengan kerjasama semua elemen termasuk orang tua, kepala sekolah, majelis guru, komite sekolah, paguyuban kelas serta siswa," ujarnya.

Menurutnya, bagi 150 siswa yang khataman Al-Qur'an hari ini tentunya tidak hanya sekedar khatam Qur'an saja tetapi yang lebih penting lagi bagaimana memahami ayat suci Al-Qur'an.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini anak-anak didik kita akan lebih mengetahui yang mana yang halal dan mana yang haram atau mana yang berpahala dan berdosa," harapnya.

Sementara Ustad Basyir Lubis dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa para pelajar inilah nantinya diharapkan akan menjadi generasi Qur'ani yang akan membela bangsa dan agama di masa yang akan datang.

"Al-qur'an bukan hanya sekedar bacaan, tapi lebih daripada mukjizat yang dimuliakan Rasulullah," ujarnya.

Editor: Yudha