Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMAN 1 Singkep Gelar Simulasi UNBK Selama 4 Hari
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 30-01-2019 | 10:41 WIB
sumulasi-unbk.jpg Honda-Batam
Pelajar kelas XII SMAN 1 Singkep saat mengikuti simulasi UNBK. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Singkep di Kabupaten Lingga menggelar simulasi persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kepada siswa kelas XII. Simulasi ini, sebagai persiapan untuk menghadapi UNBK yang akan digelar pada awal bulan April 2019 mendatang.

Simulasi berlangsung selama empat hari dimulai pada Senin (28/1/2019) hingga Kamis (31/1/2019).

Humas SMAN 1 Singkep, Mariono mengatakan, tujuan dari simulasi tersebut adalah untuk melatih siswa agar paham tentang perangkat serta aplikasi UNBK yang ada pada sistem. Sehingga para siswa nanti tidak gagap saat pelaksanaan ujian berlangsung.

"Ini kita lakukan agar anak tak gagap lagi. Di samping itu, setiap anak juga dapat belajar dengan soal-soal yang ada, meskipun bukan soal aslinya. Minimal anak-anak tahu gambaran dari soal yang akan di UNBK," ujar Mariono kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (30/1/2019).

Pelaksanaan simulasi dilaksanakan SMAN 1 Singkep secara real terjadwal selama empat hari. Dengan mata pelajaran yang di UNBK seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

Menurut Mariono, sejauh ini dalam pelaksanaan tersebut berjalan lancar. Namun beberapa kendala masih ditemui, di antaranya kekurangan perangkat komputer.

"Di SMAN 1 Singkep ini jumlah siswa yang mengikuti simulasi ada 171 siswa, terbagi menjadi 3 ruang. Kemudian tiap ruang dibuat 2 sesi. Kendala kita masih kekurangan perangkat, ditambah tua lagi. Apalagi tahun 2019 ini, SMPN 2 Singkep menumpang," terangnya.

Mariono berharap perlu perhatian dari pemerintan yakni Dinas Pendidikan Provinsi. Meski beberapa bantuan komputer saat ini sudah diberikan, tetapi masih belum mencukupi seiring dengan jumlah siswa dan perangkat yang rusak.

Editor: Gokli