Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nurdin Perintahkan OPD Bantu Warga Tumbuh Kembangkan UKM
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 25-01-2019 | 17:52 WIB
nurdin-bata1.jpg Honda-Batam
Gubernur Nurdin Basirun tinjau usaha pembuatan batu bata di Kampung Mangsang, Seibeduk. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Nurdin Basirun mengapresiasi upaya dan kegiatan masyarakat dalam menggerakan perekonomian di Provinsi Kepri.

Nurdin juga meminta OPD terkait, melakukan upaya pembinaan dalam menumbuh kembangkan usaha kecil masyarakat dengan melakukan harmonisasi dan sinergitas serta pembinaan.

“Sekecil apapun usaha dan kegiatan perekonomian, yang terpenting berjalan dan bermanfaat untuk keluarga da masyarakat sekitar. Kita pun harus mendukung dan mendorong pertumbuhan perekonomian kerakyatan," kata Nurdin usai Safari Subuh di Masjid Al Quba Perumahan PJB 2, Sagulung, Batam, Jumat (25/1/2019).

Nurdin menyebutkan dukungan itu diharapkan dijalankan dengan basis ekonomi lokal dan mengedepankan kearifan lokal tiap daerah.

Nurdin mencontohkan, aktivitas pembuatan batu bata Paguyuban Warga Demak di Kampung Mangsang Seibeduk Batam yang pernah ditinjaunya. Aktivitas pembuatan batu bata di pabrik tersebut dilakukan oleh masyarakat.

"Dis ana ada tiga titik usaha batu bata milik perorangan. Usaha tersebut memperkerjakan warga yang tinggal di kawasan Kampung Mangsang yang dihuni sekitar 30 KK," kata Nurdin.

Dari perbincangan yang dilakukan dengan masyarakat disana, secara produksi, batu bata yang dihasilkan di kawasan itu tidak ada masalah. Hanya yang menjadi keluhan masyarakat adalah mengenai pemasaran.

"Pemasaranya masih menjadi kendala. Walaupun harganya sangat murah, oleh karena itu hal ini perlu pembinaan dan bantuan pemasaran dari pemerintah, khsusunya dinas perdagangan," ujar Nurdin.

Menanggapi hal itu, Kepala dinas Persagangan dan perinduateriaa provinsi kepri Burhanuddin mengatakan, pada intinya gubernur meminta untuk menumbuhkembankan industri kecil menengah yang memanfaatkan bahan baku lokal.

Saat ini tambah Dia ada sekitar 2.400 usaha kecil seluruh Kepri yang menjadi perhatian dinas perdagangan. Usaha-usaha itu dikelompokkan sehingga semakin terarah.

"Yang produktif terus kita tingkatkan. Pembinaan, bantuan peralatan kita beri secata bertahap dan berkelompok. Yang memanfaatkan bahan baku lokal, kita galakkan," kata Boy, sapaan akrab Burhanuddin.

Menurut Boy, hal ini dilakukam bukan hanya untuk menumbuh kembangkan ekonomi, tapi, juga menjalin peluang kerja dengan meningkatkan nilai tambah pengolahanya.

"Sinergi dan integrasi yang diperintahkan Pak Gubernur akan memperkuat tumbuh ekonomi masyarakat," kata Boy.

Editor: Yudha