Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Real Madrid dan Barcelona Klub Berpendapatan Terbesar Musim 2017-2018
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 25-01-2019 | 14:52 WIB
real-madrid11.jpg Honda-Batam
Real Madrid FC. (Sky Sport)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dua Klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona disebut menjadi tim dengan penghasilan tertinggi di dunia pada musim 2017-2018. Mereka menyalip Manchester United yang tahun sebelumnya berada di puncak daftar tersebut.

Penilaian terebut dilakukan oleh akuntan independen Deloitte terhadap laporan keuangan klub-klub di dunia. Seperti dikutip dari laman Guardian, Deloitte menyebutkan pendapatan 20 klub terbesar di dunia rata-rata meningkat 6 persen dari pendapatan tahun sebelumnya.

Deloitte menyatakan bahwa hanya Manchester United yang mengalami penurunan pendapatan pada musim lalu. Jika pada musim 2016-2017 Manchester United membukukan pendapatan sebesar 581 juta pound sterling, musim lalu mereka mengalami penurunan sebesar 8 juta pound sterling.

Menurut mereka, penurunan itu terjadi karena mereka tak mendapatkan satu gelar pun pada musim lalu sementara pada musim 2016-2017 Manchester United masih meraih gelar juara Liga Eropa.

Sementara Real Madrid mengalami peningkatan pendapatan sangat besar, 85 juta pound sterling, sehingga membuat pendapatan total mereka menjadi 6655, 2 juta pound sterling musim lalu. Hal itu tak lepas dari sukses mereka menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya yang mengatrol pendapatan dari sponsor, penjualan cenderamata dan sebagainya.

Sementara Barcelona juga mengalami peningkatan pendapatan sebesar 50 juta pound sterling yang membuat mereka total membukukan 611 juta pound sterling musim lalu. Pendapatan tersebut diraih dari sponsor baru mereka, Rakuten, dan hadiah dari memenangkan Liga Spanyol serta Copa del Rey. Barcelona juga menyalip Manchester United.

"Sepak bola Eropa tetap menjadi pasar yang gemuk, dengan pendapatan tahunan tumbuh hampir 450 juta euro," ujar Dan Jones, salah seorang partner di kantor Deloitte.

"Performa finansial Real Madrid pada 2017-2018 dibangun di atas sejarah panjang sukses mereka di lapangan, yang paling baru adalah tiga kali menjuarai Liga Champions secara beruntun. Hal ini membuat klub terus dapat menggenjot pendapatan komersial karena ada keinginan besar untuk bekerjasama dengan klub paling sukses di Eropa tersebut."

Namun tampaknya pendapatan yang besar itu tak tercermin di lapangan. Buktinya, Real Madrid tampak kesulitan mendatangkan penggaet pemain bintang untuk menggantikan Cristiano Ronaldo yang memutuskan hengkang ke Juventus.

Pada bursa transfer musim dingin ini, Real Madrid juga tampak tak terlalu banyak menunjukkan gairah. Mereka bahkan kalah dari Barcelona yang sukses mengamankan tiga pemain anyar pada bursa transfer Januari.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha