Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadin Batam Operasikan Situs Perdagangan UKM
Oleh : Ocep
Senin | 27-02-2012 | 21:21 WIB

BATAM, batamtoday - Kamar Dagang dan Industri Batam telah mengoperasikan sebuah situs resmi untuk memfasilitasi perdagangan industri mikro, kecil dan menengah melalui kerjasama dengan Barterfli Holding Pte Ltd, sebuah perusahaan pengelola pemasaran internet (e-commerce) asal Singapura.

Pengoperasian situs dengan alamat www.kadinbatam.or.id itu ditandai dengan acara peresmian awal (soft launching) dengan mengundang berbagai pelaku bisnis dan industri di Batam, Senin (27/2/2012).

"Kami ingin membantu anggota kami mendapatkan manfaat dari e-commerce untuk mendukung perdagangan dan membangun daya saing para pelaku UMKM di Batam," ujar Nada Faza Soraya, Ketua Kadin Batam.

Dijelaskannya, situs ini diadakan guna membantu anggota Kadin Batam mempromosikan bisnis mereka dan mengakses peluang internasional.

Melalui kemitraan dengan Barterfli Holding, Kadin Batam diharapkan dapat memberikan para anggotanya akses kepada asosiasi-asosiasi perdagangan asing.

Dengan situs ini, para anggota Kadin dapat menemukan, berinteraksi dan melakukan negosiasi transaksi dengan calon pembeli dan pemasok internasional.

Kemudahan tersebut dinilainya akan memaksimalkan pendapatan ekspor dan meminimalisir resiko perdagangan luar negeri, khususnya bagi para pelaku UMKM.

Kadin Batam tidak mengenakan biya apapun bagi para anggotanya yang akan menjadi peserta (member) dalam situs ini meski mereka akan mendapatkan berbagai manfaat seperti mempromosikan produk-produknya dan mencari sumber pemasok yang terpercaya.

"Dalam peta persaingan ekonomi kini, perusahaan tidak bisa mengabaikan potensi yang luar biasa dari e-commerce," ujarnya.

Kadin Batam, kata dia, meyakini bahwa pada 2014 e-commerce akan membuat transaksi hampir US$1 triliun.