Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, 16.878 Pelajar SMP di Batam Ikut UN
Oleh : Hendra
Kamis | 17-01-2019 | 11:28 WIB
kadisdik-btm-arulan.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam tercatat ada sebanyak 16.878 siswa dari sekolah negeri dan swasta yang terdaftar untuk mengikuti UN di tahun 2019.

Jumlah itu terbagi atas sebanyak 15.810 orang siswa SMP yang tersebar di 56 sekolah SMP Negeri dan 97 SMP swasta di Batam dan sekitar 1.068 orang siswa MTS yang berasal dari 2 MTS Negeri dan 19 MTS Swasta Kota Batam.

Hal ini langsung diketahui dari Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan, di mana dia mengatakan tahun ini untuk pelaksanaan UN berbasis komputer terus semakin meningkat bila dibandingkan tahun lalu.

Kadisdik mengatakan, tahun lalu UN bernasis sekolah hanya diikuti delapan sekolah, sementara sekolah lain masih Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil. Dan untuk tahun 2019 ini UNBK akan bertambah menjadi 18 Sekolah.

"Tahun ini jumlah sekolah yang melakukan UNBK sudah ada 18 sekolah dari 8 sekolah yang akan melakukan UNBK sebelumnya," ujarnya.

Hal ini sesuai dengan aturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bahwasanya seluruh sekolah harus melaksanakan UNBK pada tahun 2019 ini. Berdasarkan data Disdik Kota Batam, saat ini tercatat total 56 SMPN.

"Nah dari 56 itu sudah 26 sekolah bisa melaksanakan UNBK," ungkapnya.

Hendri menuturkan, pelaksanaan UNBK belum bisa sepenuhnya dilakukan di seluruh sekolah, karena masih terbatasnya sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan seperti komputer.

Sedangkan untuk jadwal UNBK Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) digelar pada tanggal 22-25 April 2019 untuk ujian utama. Sedangkan ujian susulan pada tanggal 29-30 April.

"Masih dijadwal yang sama, belum ada informasi perubahan dari pusat," ucapnya.

Sementara itu saat ditanyakan apa akan ada perubahan dikarenakan UNBK akan mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar pada tanggal 17 April mendatang. Kadisdik mengatakan jadwal UNBK tidak ada perubahan.

"Dinas Pendidikan Kota Batam belum terima pemberitahuan dimundurkan atau dipercepat, terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan," pungkasnya.

Editor: Gokli