Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Makan Pisang Jika Anda Terkena Migrain
Oleh : Redaksi/detikHealth
Sabtu | 25-02-2012 | 12:49 WIB

BATAM, batamtoday - Bila kambuh, migrain bisa sangat mengganggu dan menurunkan produktivitas. Jika Anda memiliki migrain, beberapa makanan perlu dihindari, salah satunya adalah buah pisang. Mengapa? 

Ada sejumlah faktor yang dapat memicu timbulnya migrain, salah satunya adalah makanan. Beberapa makanan yang menyebabkan migrain biasanya mengandung senyawa kimia yang disebut tiramin. 

Tiramin adalah komposisi dominan dalam buah pisang. Oleh karena itu, pisang dianggap pemicu kuat untuk sakit kepala pisang, seperti dilansir Livestrong, Sabtu (25/2/2012). 

Konsentrasi tinggi tiramin dalam darah pasien migrain bisa menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) pembuluh darah di otak. Selain itu, orang dengan migrain tampaknya juga kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah tiramin. 

Buah lain yang terkait dengan peningkatan frekuensi migrain antara lain pepaya, plum merah, kismis, buah ara dan alpukat matang dan pisang. 

Sedangkan sayuran yang sering memicu migrain antara lain kacang polong, bawang merah, bawang putih, kacang panjang, buah zaitun, acar dan asinan kubis. 

Dalam kebanyakan kasus, penderita migrain merasakan sakit berdenyut di salah satu sisi kepala (kadang-kadang menyebar ke kedua bagian kepala), dan biasanya disertai dengan mual atau muntah. Sebagian kecil penderita juga merasakan aura zigzag, lingkaran cahaya atau penglihatan kabur sebelum serangan datang. 

Meskipun penyebab pasti migrain masih dalam perdebatan, tapi sebagian besar peneliti tampaknya setuju bahwa migrain disebabkan oleh penurunan aliran darah ke sel otak. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan penyempitan arteri, yang dipicu oleh faktor eksternal tertentu.