Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Capaian Kemendagri Dalam Hal Pengelolaan Data Kependudukan
Oleh : Irawan
Rabu | 26-12-2018 | 13:28 WIB
mendagri_tjahjo18.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di akhir Tahun 2018, Kemendagri menjelaskan berbagai capaian kinerjanya salah satunya terkait dengan data kependudukan. Menurut Tjahjo, prestasi yang telah dibuat oleh Kemendagri dalam hal pengelolaan data kependudukan merupakan adalah prestasi seluruh ASN.

"Banyak prestasi yang sudah dibuat oleh teman – teman ASN yang mengelola data kependudukan. Kami ucapkan selamat dan terimakasih atas perjuangnya”, kata Tjahjo di Jakarta pada Rabu (26/12/2018)

Dalam kesempatan tersebut Tjahjo menjelaskan tentang 3 (tiga) capaian besar yang diraih oleh ASN di bidang pengelolaan data kependudukan.

Pertama, upaya Kemendagri dalam meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dengan data base kependudukan yang akurat dengan didukung pendataan dan penerbitan nomor identitas tunggal (NIT) bagi WNI di luar negeri dan pelayanan jemput bola bagi masyarakat yang tidak bisa mengurus sendiri data kependudukanya.

Selain itu, Salah satu bentuk layanan publik di Kemendagri adalah layanan KTP-el sebagai layanan terhadap identitas Warga Negara Indonesia, bukan hanya bertujuan sebagai syarat menjadi pemilih pada Pilkada dan Pemilu.

Tetapi juga sebagai data kependudukan untuk layanan publik lainnya. Saat ini proses perekaman KTP-el sudah mencapai 97,58% dan pada Tanggal 27 Desember 2018 dilakukan Jemput Bola Perekaman KTP-el Serentak secara Nasional.

Yang kedua adalah kepemilikan akte kelahiran (online) bagi anak usia 0 s/d 18 th yang saat ini telah mencapai 80%. Dan yang ketiga adalah pemanfaatan data dan dokumen kependudukan oleh lembaga pemerintah dan swasta, sejak tahun 2014 sampai dengan Oktober 2018, pemanfaatan data kependudukan dari Kemendagri tercatat: 42 K/L sudah menandatangani MoU dan 1152 lembaga pengguna yang telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama samp[ai dengan akhir Desember 2018.

Berbagai capaian yang diperoleh tersebut menurut Tjhajo tidak bisa didapatkan secara instan. Tjahjo menilai selama 4 Tahun terakhir, ASN Dukcapil telah bertransformasi untuk menjadi pelayanan yang baik dengan bekerja secara total demi mendukung berbagai target yang diberikan Pemerintah.

"Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN yang sudah berkerja secara total. Mari kita terus berjuang agar bisa lebih baik lagi," tutup Tjahjo.

Editor: Surya