Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dana Promosi BP Batam Diajukan Rp7,5 Miliar
Oleh : Ocep
Selasa | 21-02-2012 | 16:01 WIB
Gedung_Otorita,_Batam.JPG Honda-Batam

Gedung BP Batam

BATAM, batamtoday - Badan Pengusahaan (BP) kawasan bebas Batam mengajukan anggaran ke pemerintah pusat sebesar Rp7,5 miliar guna membiayai kegiatan-kegiatan promosi investasi ke luar negeri sepanjang tahun ini.

Dwi Djoko Wiwoho, Direktur PTSP dan Humas BP Batam, Selasa (21/2/2012), mengatakan pihaknya mengajukan peningkatan anggaran kegiatan promosi ke pemerintah pusat.

“BP Batam mengajukan alokasi anggaran untuk agenda promosi investasi ke negara penanam modal sebesar Rp7,5 miliar untuk tahun ini,” ujarnya.

Anggaran sebesar itu menurutnya jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar Rp1 miliar.

Anggaran tersebut akan digunakan BP Batam guna mempromosikan Batam sebagai kawasan investasi.

Promosi rencananya akan dilakukan ke sejumlah negara penanam modal khususnya di kawasan Asia guna mendorong pertumbuhan investasi dan mengejar target 100 PMA pada tahun ini.

BP Batam, katanya, menilai saat ini kawasan Asia lebih prospektif dibandingkan Eropa dan Amerika dalam mendatangkan investasi.

Selain itu, banyak perusahaan di Batam yang mengekspor produksinya ke kawasan Asia Utara.

“Asia lebih prospektif dibanding negara Eropa dan Amerika yang tengah mengalami krisis global. Pada 2011, negara Asia juga mendominasi penanaman modal di Batam,” kata dia.

Dia meyakini promosi langsung akan memudahkan pemberian informasi tentang berbagai insentif yang diberikan kawasan bebas Batam ke para investor asing.

Sekaligus menambah pengetahuan dan ketertarikan investor asing terhadap implementasi free trade zone di kawasan Batam, Bintan dan Karimun.

Namun demikian, dia mengatakan BP Batam belum dapat memastikan apakah usulan anggaran itu diterima atau tidak oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan.

Hingga kini pihaknya masih menunggu persetujuan dari kementerian tersebut.