Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mobil Matik Terendam Banjir, Ini Masalah yang Perlu Diwaspadai
Oleh : Redaksi
Kamis | 06-12-2018 | 10:17 WIB
mobil-banjir.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki musim hujan, pemilik mobil matik perlu mewaspadai saat menerjang genangan air yang tinggi atau banjir.

Dilansir GridOto.com, sebaiknya pemilik mobil matik tidak menerjang genangan air yang tinggi atau banjir. Namun, bila Anda terpaksa melewatinya, maka pemilik mobil matik perlu mewaspadai beberapa hal ini.

Ini karena mobil transmisi otomatis cenderung memiliki risiko lebih tinggi ketika menerjang banjir dibanding mobil transmisi manual.

"Transmisi otomatis bekerja secara komputerisasi dan menggunakan perangkat elektrikal dimana air adalah musuh utamanya," tegas Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel Worner Matic, Bintaro, Tangerang Selatan kepada GridOto.com, Rabu (5/12/2018).

Akibat komponen elektrikal atau kabel listrik terkena air adalah timbulnya korsleting atau hubungan arus pendek. Korsleting ini bisa terjadi baik di satu titik kabel komponen modul maupun satu area komponen modul transmisi otomatis.

"Korsleting menyebabkan arus listrik mengalir melebihi kapasitas di dalam satu jalur arus listrik ke dalam komputer transmisi, komputer transmisi otomatis bisa terbakar dan transmisi tidak bisa digunakan," jelas Hermas.

Editor: Gokli