Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuan Rumah Porprov Kepri 2022 Lewat Open Bidding
Oleh : Freddy
Sabtu | 01-12-2018 | 09:20 WIB
porprov-2020.jpg Honda-Batam
Ketua KONI dari 3 kabupaten yang menyatakan siap menjadi tuan rumah perhelatan Porprov Kepri V tahun 2020. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tuan rumah pelaksanaan Pekan olahraga Provinsi (Porprov) V tahun 2022 masih belum dapat diputuskan dalam rapat penetapan tuan rumah yang dilaksanakan, Jumat (30/11/2018).

Dalam rapat penetapan tuan rumah yang dipimpin Ketua Harian KONI Provinsi Kepulauan Riau, Ir H Nur Syafriadi dan dihadiri oleh KONI se-Provinsi Kepri berlangsung santai dan cukup alot.

Ada 3 kabupaten yang menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Porprov V tahun 2022, yakni Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Bintan.

Ketua Harian KONI Provinsi, Ir H Nur Syafriadi menjelaskan, Porprov dilaksanakan 4 tahun sekali dan penetapan tuan rumah biasanya secara bergiliran dan apabila tidak mampu baru diberikan pada yang lain.

Menurutnya, ada 4 kabupaten yang belum pernah menjadi tuan rumah Porprov yakni Kabupaten Bintan, Natuna, Lingga dan Anambas.

"Dari ke-4 kabupaten yang belum pernah menjadi tuan rumah Porprov inilah yang diberikan kesempatan untuk mengajukan kesediaan sebagai tuan rumah Porprov berikutnya tahun 2022," ujar Nur Syafriadi.

Sekretaris KONI Bintan, Patrisius Bolitobi mengatakan, Bintan sangat siap menjadi tuan rumah Porprov Kepri tahun 2022 dan mereka siap mempresentasikan kesiapannya. "Sarana dan prasarana di Bintan sudah cukup mendukung untuk Bintan sebagai pelaksana Porprov," ujarnya.

Kesiapan sebagai tuan rumah juga disampaikan Ketua KONI Natuna, Zamroni. Pemerintah Kabupaten Natuna sangat mendukung kalau Porprov V tahun 2022 sebagai tuan rumah dan berbagai venue olahraga dan sarana penunjang lainnya sudah ada.

Kabupaten Lingga, yang baru selesai sebagai tuan rumah Popda Provinsi Kepri tidak mau kalah dengan 2 kabupaten lainnya, mereka menyatakan Kabupaten Lingga jadi tuan rumah dan sudah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan ditunjang venue olahraga yang standar nasional seperti kolam renang.

Pernyataan kesiapan dari 3 kabupaten ini untuk menjadi tuan rumah Porprov, membuat rapat sulit memutuskan siapa yang menjadi tuan rumah Porprov dan rapat sempat diskor selama 15 menit agar 3 kabupaten yang ingin menjadi tuan rumah Porprov bisa duduk bersama untuk mencari solusi.

Setelah ada kesepakatan, tiga kabupaten yang ingin menjadi tuan rumah Porprov menyampaikan kalau penetapan tuan rumah dilakukan secara open bidding dan mereka masing-masing siap melakukan presentasi kesiapan daerah mereka sebagai tuan rumah.

Akhirnya rapat memutuskan penetapan tuan rumah akan dilakukan melalui open bidding dan masing-masing kabupaten yang ingin menjadi tuan rumah untuk mempersiapkan presentasi kesiapannya.

Sementara dari KONI Batam, Karimun, Tanjungpinang dan Anambas menyepakati penetapan tuan rumah Porprov V tahun 2022 diputuskan untuk dilakukan open bidding.

Poprov Kepri IV tahun 2018 yang diikuti 7 kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau telah berakhir dan rencananya akan ditutup pada Sabtu (1/12/2018) siang ini.

Editor: Gokli