Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Proyek Chevron Platform Deck Diluncurkan
Oleh : Andri Arianto
Rabu | 19-01-2011 | 17:40 WIB
Chevron_Platform_Deck.jpg Honda-Batam

Platform Deck - Beginilah model Chevron Platform Deck (Anjungan Pengeboran Minyak Lepas Pantai) yang diluncurkan McDermott.

Batam, batamtoday -  Perusahaan konstruksi terkemuka di dunia laut, McDermott pada Rabu, 19 Januari 2011 meluncurkan Proyek Anjungan Pengeboran Minyak Lepas Pantai yakni Chevron Platform Deck. Proyek dikerjakan selama 2 (dua) tahun dan nantinya pada bulan Maret 2011 akan beroperasi di Bangkok, Thailand.

Anjungan lepas pantai yang diproduksi McDermott tersebut dikhususkan untuk pengolahan Gas Bumi. Mesin berperan sebagai penyedot dan pengolah.

Riki Escalante, Division Manager McDermott menjelaskan bahwa ini proyek terbesar sepanjang operasional kegiatan McDermott di Batam dengan berat beban mencapai 20 ribu Ton. Selain proyek tersebut, McDermott, lanjut Riki juga tengah mengerjakan proyek pesanan Australia yakni Rig (Commisioning Jacket) seberat 23 ribu Ton.

"Kami tetap berharap proyek-proyek yang dikerjakan perusahaan dapat berjalan dengan semestinya," kata Riki bersemangat.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di PT McDermott Indonesia antara lain kegiatan desain, fabrikasi, pemasangan dan commissioning Jacket (Rig), oil dan gas pipeline facility serta petrochemical plant module. Setiap proyek yang dikerjakan McDermott mampu menyerap tenaga kerja 2 ribu hingga 3 ribu orang pekerja dan sampai dengan Januari 2011, pekerja berstatus tetap di McDermott mencapai 6 ribu orang.

Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani saat menghadiri acara pelepasan itu mengungkapkan apresiasinya terhadap perusahaan berskala internasional ini. Sani berharap pihak perusahaan dan pekerja dapat bekerja sama dengan kompak dan diupayakan untuk meminimalisir perseleisihan hubungan industri.

Dikatakannya, Industri fabrikasi dan pemasangan seperti McDermott dan perusahaan lain sejenis di Batam merupakan tolak ukur pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri. Oleh sebab itu, keterpaduan kerja antar pihak sangat diperlukan dalam rangka mendukung program pemerintah yakni Pro Growth dan Pro Job.