Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Porprov Kepri IV Tahun 2018

Cabor Muay Thai Sumbang Medali Emas Pertama untuk Kabupaten Lingga
Oleh : Nurjali
Selasa | 27-11-2018 | 19:16 WIB
ardi-ahman.jpg Honda-Batam
Ketua Muay Thai Kabupaten Lingga, Ardi Ahman memamerkan dua medali emas yang mereka raih di ajang Porprov Kepri 2018. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Cabang olahraga Muay Thai jadi penyumbang emas pertama bagi kontingen Kabupaten Lingga di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri IV tahun 2018, yang digelar di Kota Tanjungpinang dari tanggal 25 November hingga 1 Desember 2018.

"Untuk keseluruhan Cabor Muay Thai, kita juara umum tiga, dengan berhasil menyumbangkan dua emas, satu perak dan satu perunggu. Sementara juara umum kesatu diraih tuan rumah," kata Ketua Pengurus Cabor Muay Thai Kabupaten Lingga, Ardi Ahmad kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (27/11/2018).

Perolehan tersebut diharapkannya dapat menular ke cabor-cabor yang lainnya, yang ikut bertanding para Porprov Kepri tahun 2018 ini. Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, namun prestasi para atlet pantas diapresiasi.

Ia juga mengakui, hal ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lingga dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga.

Olahraga Muay Thai, menurut Ardi, merupakan olahraga baru di Kabupaten Lingga, sehingga beberapa atlet yang dikirim rata-rata mendapatkan pelatihan dan pengetahuan di luar Kabupaten Lingga. Namun dengan adanya prestasi yang telah didapat ini, akan memotivasi pengurus Muay Thai lainnya, untuk menghadirkan pelatihan di Kabupaten Lingga agar dapat melahirkan bibit-bibit baru.

"Kami sangat berterimakasih kepada KONI dan Dispora, serta semua pihak yang telah mendukung dan memberikan kesempatan kepada kami. Hal ini akan menjadi beban moral bagi kami untuk mewujudkan olahraga Muay Thai di Kabupaten Lingga," jelasnya.

Selain berhasil mengharumkan nama Kabupaten Lingga melalui Cabor Muay Thai, para pengurus dan KONI juga diberikan apresiasi untuk mengalungkan medali kepada atlet-atlet yang berhasil memperoleh juara para perhelatan Porprov Kepri IV tersebut.

Adapun data keseluruhan medali dari Cabor Muay Thai di Porprov Kepri antara lain, Tanjungpinang 3 emas, 3 perak, 2 perunggu; Karimun 3 emas, 2 perak, 1 perunggu; Lingga 2 emas, 1 perak, 1 perunggu, kemudian disusul Batam 1 emas, 2 perak, 1 perunggu dan Bintan 1 emas, 2 perak, 2 perunggu.

Kabupaten Lingga sendiri mengirimkan 19 Cabor yang ikut bertanding pada perhelatan Porprov Kepri IV tahun 2018. Satu Cabor yang gagal berangkat dan mengundurkan diri adalah Cabor Pencak Silat, sementara lainnya sudah ada beberapa yang juga gugur, di antaranya Bola Voli, Sepeda dan Biliard yang masih menyisakan beberapa pertandingan final.

Editor: Gokli