Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus Perlu Dukungan Orangtua
Oleh : CR-1
Senin | 26-11-2018 | 16:48 WIB
lpa-btm.jpg Honda-Batam
Maya, Fisioterapi Fisik dan Mental (Jilbab kuning) dan Riniatun, Kepala Layanan Autis Batam (Jilbab Hitam). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tak hanya tugas guru dan terapis, orangtua juga harus berperan aktif untuk perkembangan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus.

Riniatun, Kepala Layanan Autis Batam, yang berlokasi di Kawasan Mega Legenda, mengatakan dalam tumbuh kembangnya proses pembelajaran anak-anak berkebutuhan khusus tersebut, harus ada peran serta dan ketegasan orangtua di dalam proses pembelajaran ini.

"Ada aturannya di PLA ini, yaitu ketegasan untuk orangtua siswa dan siswi. Kalau mereka tidak mengikuti segala kegiatan di sini, maka ada skors satu Minggu dilarang ikut terapis dari kami. Karena perkembangan dan pertumbuhan anak berkebutuhan khusus ini butuh keberadaan orangtua juga," ujar Riniatun di ruangan kerjanya saat dikunjungi BATAMTODAY.COM, Senin (26/11/2018).

Selain itu, untuk mendidik anak berkebutuhan khusus, Riniatun mengatakan, dibutuhkan instruksi yang lugas dan juga tegas agar anak mudah mengerti dan mencermati setiap perintah yang kita berikan.

"Instruksi yang kita berikan untuk si anak juga harus jelas dan singkat, supaya gampang dicerna. Biar sang anak cepat mudengnya," ujar Rini saat mengajak pewarta berkeliling lokasi PLA tersebut.

Riniatun kembali menjelaskan, setiap anak berkebutuhan khusus di PLA mendapatkan waktu belajar selama 60 menit dalam satu harinya bersama terapis, sehingga peranan orangtua juga sangat signifikan di dalam proses ini.

"Jadi satu anak di sini mendapatkan waktu belajar 60 menit dengan terapis. Sehingga jelas memang orangtua juga sangat dibutuhkan demi perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus ini," paparnya.

Editor: Gokli