PKP

Begini Cara Membersihkan Filter AC Mobil yang Benar
Oleh : Redaksi
Jumat | 09-11-2018 | 16:21 WIB
filter-ac-mobil1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - AC adalah bagian penting yang berfungsi untuk menjaga temperatur mobil sekaligus menciptakan suhu ruang yang dingin. AC mobil dipasang agar kenyamanan berkendara semakin terjamin.

Oleh karena itu, melakukan perawatan terhadap AC mobil yang Anda punya dinilai sangat penting untuk meningkatkan rasa nyaman ketika berkendara bersama keluarga maupun sendiri. Selain itu, melakukan perawatan terhadap AC mobil juga dianggap penting untuk mempertahankan dan meningkatkan fitur di dalam mobil.

Salah satu hal yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan terhadap AC mobil yaitu dengan melakukan pembersihan filter udara secara rutin. Sebab, filter udara yang kotor bisa membuat penurunan daya kerja kipas AC dan mengakibatkan suhu yang dihasilkan menjadi kurang dingin. Itulah sebabnya melakukan pengecekan dan membersihkan filter AC mobil bisa dilakukan sebagai bentuk perawatan AC mobil yang Anda miliki.

Namun tentu saja, membersihkan filter AC tak bisa dilakukan sembarangan karena bagian berupa serat karbon ini berada di dalam evaporator dari AC mobil. Dibutuhkan ketelitian dan keahlian khusus untuk membersihkan filter AC mobil agar fungsinya sebagai penyaring kotoran bisa dimaksimalkan dengan baik. Berikut ini beberapa tips membersihkan filter AC mobil yang perlu diketahui, yaitu:

1. Ketahui letak filter udara AC mobil yang Anda miliki.
2. Hati-hati dalam membuka dan filter AC dengan baik.
3. Bersihkan filter AC dengan kuas untuk menghilangkan kotoran yang menempel, bisa juga menggunakan kompresor angin.
4. Tutup dan pasang kembali filter udara dan jangan sampai terbalik.
5. Lakukan rutin sebulan sekali, namun jika filter udara sudah tak bisa dibersihkan lagi, maka belilah filter baru yang tepat dan berkualitas tinggi.

Supaya lebih mudah dan efektif, tentu saja perawatan AC dapat Anda lakukan dengan memilih jasa servis atau perawatan AC mobil berkualitas yang profesional.

Sumber: Dokter Mobil
Editor: Yudha