PKP

Penyandang Disabilitas di Anambas Meriahkan Pameran Seni
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 09-11-2018 | 15:52 WIB
disabilitas-anambas1.jpg honda-batam
Rio (kanan) penyandang difabel yang ahli bermain piano. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Menjelang Hari Penyandang Cacat Internasional, dua orang difabel di Anambas tampil dalam pameran seni di Lapangan Sekretariat Pemkab Anambas, Sabtu (10/11/2018) malam.

Rio salah satu penyandang tuna netra akan bermain musik dan Roni penyandang cacat tangan akan melukis menggunakan kaki.

"Kita ingin penyandang disabilitas ini termotivasi, dan tidak malu menujukkan keahlian yang dimilikinya. Untuk itu kita mengajak dua difabel ini tampil menunjukkan keahliannya kepada masyarakat. Kegiatan pameran seni ini memang kita sejalankan menyambut Hari Penyandang Cacat Internasional," kata Hendrik Wenas, Ketua Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Anambas, Jumat (9/11/2018).

Hendrik menguraikan, pameran seni tersebut diselenggarakan dengan melibatkan para pegiat musik Anambas. "Kami juga berterimakasih kepada pegiat musik Anambas yang bersedia menemani para difabel untuk tampil pada pameran seni besok," terangnya.

Dia juga mengimbau, agar masyarakat tidak membuat jarak dengan para penyandang difabel di Anambas. "Kejadiannya, banyak penyandang difabel malu keluar rumah. Kita ingin, penyandang difabel ini bisa menikmati ruang terbuka tanpa rasa malu," ucapnya.

Dari data FKKADK, ?di Anambas terdata 102 orang anak penyandang disabilitas yang terdiri dari 35 tuna daksa, 5 tuna netra, 22 tuna rungu, 13 tuna grahita, 25 penyandang disabilitas ganda.

Editor: Yudha