Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KRI Usman Harun Tuntaskan Misi Perdamaian di Lebanon
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 09-11-2018 | 08:52 WIB
_20181109_070840.JPG Honda-Batam
KRI Usman Harun tiba di Surabaya, Jawa Timur

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Usman Harun-359 menuntaskkan misi perdamaian di Timur Tengah. Mereka tergabung dalam Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-J 'United Nations Interim Force in Lebanon' (UNIFIL).

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda (Laksda) TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan awak kapal yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Alan Dahlan itu di Surabaya, Kamis (8/11/2018).

"Saya ucapkan terima kasih kepada Komandan KRI Usman Harun yang sudah membawa kembali seluruh pasukan ke Indonesia dengan selamat," katanya

Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-J UNIFIL berjumlah 100 prajurit yang terdiri atas 94 pengawak KRI Usman Harun, satu perwira intelejen, satu perwira psikologi, satu dokter militer, satu perwira penerangan, satu Kopaska, dan satu penyelam TNI AL itu telah menjalankan misi perdamaian di Timur Tengah sejak 23 September 2017 hingga 30 September 2018.

KRI Usman Harun menempuh perjalanan pulang sejak 1 Oktober melalui rute Beirut, Lebanon-Port Said, Mesir-eddah, Arab Saudi-Salalah, Oman-Colombo, Sri Lanka, dan tiba di Tanah Air pada 1 Oktober 2018 melalui Belawan, Medan, Sumatra Utara.

Kapal itu singgah di Jakarta pada 31 Oktober, di antaranya pada 5 November, seluruh pasukan Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-J UNIFIL menerima penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Santi Dharma berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 64/TK/Tahun 2018 sebagai penghargaan prajurit TNI yang telah selesai melaksanakan tugas internasional sebgai Kontingen Garuda.

Pangkoarmada II Laksda Mintoro mengatakan seluruh pasukan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-J UNIFIL yang bertugas di Lebanon selama setahun telah mengemban tugas negara dengan baik.

Editor: Surya