Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian ESDM Lelang Empat Blok Migas dengan Mekanisme Penawaran Langsung
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-11-2018 | 14:29 WIB
menteri-esdm1.jpg Honda-Batam
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (Foto: Katadata.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (migas) konvesional tahap III. Sebanyak empat blok migas hasil studi bersama (joint study) ditawarkan dengan mekanisme penawaran langsung dalam lelang tersebut.

Blok migas tersebut adalah; South Andaman di lepas pantai Laut Andaman, Aceh; WK South Saka Kemang di Sumatra Selatan; WK Anambas di lepas pantai Kepulauan Riau, dan WK Maratua di darat dan lepas pantang Kalimatan Utara dan Kalimantan Timur.

"Kami berharap dan mengundang seluas-luasnya kepada seluruh stakeholder bidang migas maupun para calon investor lainnya yang mempunyai kemampuan teknis dan keuangan kemudian mempunyai rekam jejak yang baik dalam kegiatan di bidang migas untuk berpartisipasi dalam lelang tahap III 2018 ini," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam konferensi pers di kantornya, Senin (5/11/2018).

Sebagai pengingat, pada lelang tahap I 2018, pemerintah menetapkan empat pemenang lelang migas konvensional yaitu; Blok Southeast Jambi, Blok East Seram, Blok Citarum, dan Blok East Ganal. Sementara, pada lelang tahap II 2018, dari enam blok migas yang ditawarkan, pemerintah menetapkan dua pemenang lelang untuk Blok South Jambi B dan Blok Banyumas.

Arcandra merinci, untuk Blok Maratua, pemerintah mencatumkan syarat dan ketentuan berupa bonus tanda tangan yang ditawarkan calon investor minimal US$2 juta dengan komitmen kerja pasti (KKP) untuk lima tahun mencakup survei geologi dan geofisika (G&G) dan survei seismik tiga dimensi (3D) seluas 500 kilometer (km) persegi.

"Sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM No 35 Tahun 2008, Wilayah Kerja Maratua khusus partisipasi dari Pertamina dan tidak dibuka untuk perusahaan lainnya," ujarnya.

Kemudian, untuk Blok South Andaman, pemerintah mensyaratkan minimal bonus tanda tangan sebesar US$2 juta dan minimal KKP lima tahun mencakup survei G&G dan survei seismik 3D seluas 500 km persegi.

Di Blok Anambas, minimal bonus tanda tangan dari calon investor US2 juta dan KKP mencakup kegiatan G&G dan pengeboran satu sumur eksplorasi. Terakhir, Blok South Sakakemang, minimal bonus tanda tangan yang diberikan calon investor sebesar US$2 juta. Kemudian, kegiatan KKP mencakup survei G&G dan survei seismik dua dimensi sepanjang 250 km.

Karena hasil studi bersama, masing-masing blok telah ada investor yang mengincar. Namun, selain Blok Maratua, Arcandra belum dapat membeberkan nama calon peminat masing-masing blok migas yang ditawarkan.

Untuk mendukung pelaksanaan lelang yang lebih menarik bagi calon investor, pada lelang tahap II Tahun 2018 ini, calon peserta lelang yang telah membeli dokumen penawaran, akses paket data dapat dilakukan secara gratis.

"Biaya paket data akan menjadi kewajiban setelah peserta lelang ditetapkan menjadi pemenang lelang," ujarnya.

Akses dokumen lelang dibuka mulai 5 November hingga 17 Desember 2018. Kemudian, forum klarifikasi dilakukan mulai 12 November hingga 17 Desember 2018. Selanjutnya, pemasukan dokumen partisipasi paling akhir pada 19 Desember 2018 pukul 14.30.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha