Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Jadi Salah Satu Lokasi Pertemuan ASEAN 2011
Oleh : Andri Arianto
Selasa | 18-01-2011 | 17:34 WIB

Batam, batamtoday - Konferensi berskala internasional pada dalam rangkaian kegiatan ASEAN Summit 2011 akan digiatkan di lokasi luar jawa. Batam termasuk salah satu lokasi yang dinilai telah siap untuk menggelar acara Meeting, Incentif, Conference dan Exhibition (MICE) itu.

Selain Batam, daerah lain juga seperti Mataram, Bandung dan Semarang, Makasar, Manado dan Bali pun akan menjadi lokasi pertemuan ASEAN.

"Pembukaan ASEAN Summit tetap berlokasi di Jakarta pada 7-8 Mei," demikian dikatakan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, Selasa, 18 Januari 2011, di Jakarta.

Dikatakannya, akan ada 400 pertemuan yang menjadi bagian acara pertemuan-pertemuan penting ASEAN termasuk di Indonesia maupun negara ASEAN lainnya. Dipilihnya lokasi selain Jakarta, agar wilayah lain bisa menggali dan mengenalkan potensi ekonomi masing-masing daerahnya.

Selain acara-acara yang berkaitan dengan ASEAN, tahun ini juga Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara East Asia Summit di Bali pada Oktober 2011.

Pada tanggal 12-13 Juni di Jakarta akan digelar World Economic Forum East Asia, juga akan berlangsung WTO Regional Aid for Trade Meeting. Regional Entrepreneurship Summit juga akan berlangsung di Bali pada Juli 2011.

Khusus mengenai forum East Asia Summit, pada tahun ini mulai bergabungnya AS dan Rusia ke dalam forum ini. East Asia Summit beranggotakan 10 negara ASEAN dan mitra ASEAN seperti Australia, India, Jepang, Korea, China dan Selandia Baru.

Mari menyebutkan, posisi Indonesia yang kini menjadi pemimpin ASEAN menjadi penting dalam melaksanakan cetak biru di bidang politik-keamanan, ekonomi dan sosial budaya menuju masyarakat ASEAN di tahun 2015.