Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tidak Punya Pengalaman Kerja, Pencaker Batamindo Pulang dengan Wajah Kecewa
Oleh : CR1
Senin | 15-10-2018 | 16:04 WIB
pencaker11.jpg Honda-Batam
Ribuan pencaker di Aula MPH Batamindo. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewasa ini pengalaman kerja adalah main point (syarat wajib) bagi setiap perusahaan dalam menyeleksi calon tenaga kerja yang akan mereka terima. Dan hal ini terkadang menjadi dilema bagi setiap calon pencari kerja (pencaker) yang fresh graduate atau baru tamat sekolah.

Beberapa pencaker yang ditemui BATAMTODAY.COM di Aula MPH Batamindo pada hari Senin (15/10/2018) pukul 09:00 Wib pagi, sempat mengungkapkan kekecewaan mereka karena mereka tidak memiliki pengalaman kerja di bidang operator yang sedang dibutuhkan perusahaan.

Pencaker tersebut kecewa sembari berkeluh kesah harus kemana lagi mencari pekerjaan karena semakin sedikit lowongan dan banyaknya aturan yang dibuat oleh pihak perusahaan.

Semburat kekecewaan itu terlihat dari wajah Niska Ramadhani (19). Perempuan manis dengan tinggi sekitaran 157cm asal Tanjungpiayu yang baru tamat sekolah tersebut, sudah sering berusaha memasukan lamaran ke beberapa perusahaan, seperti hari ini yang dibuka PT Dyanacast di MPH, Batamindo.

"Katanya harus ada pengalaman kerja mas, kalau yang gak ada pengalaman operator akan ditolak. Saya tadi coba masukin, namun karena tidak punya pengalaman langsung dilewatkan begitu saja," kata Niska dengan wajah kecewa.

Niska menambahkan, sebelumnya dia belum pernah bekerja karena baru tamat sekolah di salah satu sekolah negeri di Kota Batam.

"Saya sangat ingin bekerja agar bisa bantu orang tua dan memenuhi kebutuhan harian saya juga. Tapi karena banyak lowongan minta pengalaman kerja di bidang tertentu, saya merasakan lesu aja mas," lanjutnya.

Senasib dengna pencaker lainnya Andre (23). Ia tidak bisa melanjutkan lamarannya dikarenakan terhalang oleh tahun tamatan.

"Kalau saya terhalang tahun tamat sekolah, karena yang diminta itu lulusan SMA tahun 2015-2016. Sementara saya lulusan tahun 2013, kalau pengalaman sih saya ada, cuma terhalang oleh tahun saja," jelasnya.

Dengan wajah kecewa Niska dan Andre meninggalkan gerombolan para pencaker lainnya yang masih banyak memadati Aula MPH Batamindo menuju kantin terdekat untuk melepas penat dan rasa kecewa karena masih belum juga mendapatkan pekerjaan.

Memang dari pantauan di lokasi, PT Dyanacast sedang membuka lowongan bagian operator sejak pagi ini. Hal ini disampaikan salah satu security penjaga kawasan Batamindo yang tidak mau menyebutkan namanya.

"lowongan yang dibutuhkan adalah perempuan bagian operator untuk PT. Dynacast. Sudah berlangsung sejak pukul 10.00 WIB tadi," ujar security tersebut.

Editor: Yudha