PKP

Asian Para Games 2018, Indonesia Peringkat Lima dengan Total 135 Medali
Oleh : Redaksi
Minggu | 14-10-2018 | 09:04 WIB
APG_indonesia.jpg honda-batam
Delegasi atlit Indonesia di Asian Para Games 2018

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia menduduki peringkat kelima pada klasemen akhir Asian Para Games 2018. Pencapaian itu menjadi yang terbaik untuk Indonesia pada keikutsertaan Asian Para Games sejak 2010.

Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia mampu menghasilkan total 135 medali. Rincian medali-medali Indonesia adalah 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Indonesia mampu mencatat rekor perolehan medali terbanyak sejak ikut pada Asian Para Games 2010 di Guangzhou, China. Pada saat itu, Indonesia hanya mampu meraih satu medali emas dari total 11 medali dan berada di urutan ke-14.

Pencapaian Indonesia meningkat pada Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Kontingen Indonesia mempersembahkan sembilan medali emas dari total 38 medali dan berada di peringkat kesembilan.

Pada Asian Para Games 2018, Indonesia mencatat pencapaian terbaik. Indonesia hanya kalah dari Jepang (45 medali emas), Iran (51), Korea Selatan (53), dan China (171), yang menjadi juara umum.

APC Puji Indonesia
Sementara itu, Presiden Komite Paralimpiade Asia (APC), Majid Rashed, memuji Asian Para Games 2018 di Jakarta setinggi langit. Menurutnya, pesta olahraga itu ini menjadi yang termegah.

Pujian itu disampaikan Majid dalam sambutannya di upacara penutupan Asian Para Games (APG) di Stadion Madya, Senayan, Sabtu (13/10/2018). Majid menyebut APG telah menyuguhkan begitu banyak 'pengalaman pertama yang tercipta.

"Pertama kalinya 43 negara anggota berkompetisi, pertama kalinya Bhutan berkompetisi, pertama kalinya Laos dan Timor Leste memenangkan medali, medali emas pertama untuk Filipina dan Kuwait, pertama kalinya seorang Kepala Negara mengambil peran aktif dalam upacara pembukaan, terima kasih Presiden Joko Widodo, dan tentu saja pertama kalinya Tim Korea Bersatu telah berbaris dan berkompetisi bersama di acara para-olah raga - dan mereka memenangkan medali," kata Majid.

Kepada pemerintah Indonesia dan kota Jakarta, terima kasih atas komitmen Anda untuk membuat para games ini meraih sukses besar seperti yang telah mereka lakukan. Anda mengerti bahwa ini lebih dari sekedar medali, ini tentang mengubah bangsa," tuturnya.

"Terima kasih telah mengantarkan kami semua ke tempat tepat waktu dan aman. Kepada INAPGOC, panitia penyelenggara, terima kasih banyak dari kami semua. Saya yakin Anda semua kelelahan sekarang karena Anda telah memberi kami segalanya tetapi saya harap Anda juga penuh dengan kebanggaan atas apa yang telah Anda capai."

"Dan terima kasih kepada para sukarelawan. Senyum Anda telah konstan, bantuan Anda tidak pernah berakhir, Anda adalah kredit untuk Indonesia. Dan yang tak kalah penting, terima kasih kepada rakyat Indonesia yang telah membawa kami ke hati mereka dan dengan dukungan Anda membuat para atlet merasa seperti pahlawan," ujar dia.

"Jadi sekarang saatnya bagi saya untuk mengumumkan Asian Games Games 2018 yang luar biasa di Indonesia ini ditutup. Saya memanggil Para-atlet dari seluruh Asia untuk bertemu lagi di Hangzhou, Tiongkok, dalam waktu empat tahun, di mana sekali lagi, Anda akan menginspirasi dan membangkitkan dunia dengan keunggulan olahraga Anda," ujar Majid.

Majid juga memberikan bonus hiburan kepada penonton yang hadir. Majid berpatun dan menyanyikan penggalan lirik indonesia Raya.

Asian Para Games 2018 ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla diramaikan berbagai hiburan antara lain wayang kulit dan pertunjukan girlband.

Editor: Surya