PKP

Juara GSI 2018 akan Berlatih Bersama Juventus di Italia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-10-2018 | 19:40 WIB
pembukaan-gsi.jpg honda-batam
Mendikbud, Muhadjir Effendy saat membuka Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018 di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada Selasa (9/10/2018) lalu. (Kemendikbud)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018 telah resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta pada Selasa (9/10/2018) lalu.

Menteri Muhadjir menjanjikan bahwa juara GSI 2018 akan dikirim untuk berlatih di kota Turin, Italia. Di sana mereka akan berlatih bersama klub Juventus dan beberapa klub di Kota Turin, Italia.

"Ingat sesuai dengan janji saya, yang jadi juara pada GSI tahun 2018 akan mendapatkan kesempatan berlatih di Turin. Akan kita kirim untuk berlatih di klub Juventus, Turin, Italia," ujarnya, seperti dikutip situs resmi Kemendikbud.

"Semuanya saya minta punya mimpi berangkat ke Italia dan bertemu dengan Christiano Ronaldo," tambahnya, yang langsung disambut tepuk tangan seluruh peserta dan penonton.

Karenanya berpesan kepada seluruh kontingen untuk menunjukkan permainan terbaiknya. "Jangan mudah menyerah! Tidak ada kata menyerah bagi anak-anak Indonesia!" tegasnya.

Ia mengharapkan dari GSI ini akan muncul talenta-talenta muda yang menjadi pemain sepak bola profesional kebanggaan bangsa Indonesia.

Berdasarkan laporan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad, kompetisi sepak bola yang diselenggarakan untuk pertama kali ini dilaksanakan secara bertahap mulai tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Sebelum memasuki kompetisi tingkat nasional, GSI diikuti 2.872 kecamatan, 257 kabupaten/kota, dengan jumlah peserta 11.435 sekolah, masing-masing tim sebanyak 18 orang, dan offisial sebanyak 4 orang.

Jumlah pertandingan GSI yang telah digelar untuk tingkat kecamatan sebanyak 2.588 pertandingan dan tingkat kabupaten/kota sebanyak 737 pertandingan. Sedangkan pada tingkat provinsi dilaksanakan sebanyak 165 pertandingan. Sehingga total pertandingan GSI yang telah digelar di 34 provinsi mencapai 3.490 pertandingan.

Editor: Gokli