Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Pelajar Karimun Dapat Pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Maritim dari Lanal TBK
Oleh : Wandy
Jumat | 28-09-2018 | 18:40 WIB
belajar-wawasan-kebangsaan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ratusan pelajar Karimun foto bersama di Makolanal TBK, usai belajar wawasan kebangsaan dan maritim. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ratusan pelajar Karimun belajar wawasan kebangsaan dan maritim di Mako Lanal TBK, Jumat (28/9/2018).

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro melalui Pjs Paspotmar Lanal TBK, Letda Laut (P) Hendriyono mengatakan, kegiatan ini salah satu cara mendorong para pelajar melihat suatu bangsa dalam perilaku kehidupan bernegara. Ini juga salah satu cara menyatukan tujuan di dalam bernegara sesuai dasar Pancasila.

"Wawasan kebangsaan Indonesia merupakan cara pandang mengenai diri dan Tanah Air sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan," kata Hendriyono.

Dikatakannya juga, demi terbentuknya komponen bangsa Indonesia terhadap kesepakatan bersama yang bertujuan untuk solidaritas, keadilan, kerja sama dan kejujuran, sebab asas dasar ini merupakan ketentuan yang harus dipatuhi. "Karena wawasan kebangsaan ini merupakan ketentuan yang harus dipelihara, ditaati dan diciptakan," jelas dia.

Dalam kegiatan ini, pihaknya memberikan beberapa materi, di antaranya potensi maritim, wawasan kebangsaan, serta menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia khususnya di Kabupaten Karimun.

"Tujuan kita adalah merangkul untuk tetap menjaga solidaritas dan kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara," ujarnya.

"Selain meningkatkan wawasan kebangsaan dan wawasan maritim, tujuannya adalah merangkul untuk tetap menjaga solidaritas dan kebersamaan dalam berbangsa dan negara," tutupnya.

Editor: Gokli