Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Pastikan Semua Sekolah di Kepri Terapkan Muatan Lokal Budaya Melayu
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-09-2018 | 10:52 WIB
muatan-lokal.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Muhammad Dali. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memastikan seluruh sekolah di wilayah ini menerapkan mata pelajaran muatan lokal berbasis budaya Melayu.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, M Dali mengatakan, muatan lokal perlu dipelajari oleh para pelajar agar memahami sejarah Melayu Kepri dan mencintai budaya lokal.

Pendidikan dalam budaya lokal juga mendorong para generasi muda untuk meningkatkan kualitas dan moral. "Ada pelajaran tentang kehidupan, nasehat tokoh-tokoh Melayu terdahulu yang patut ditiru dalam kehidupan sekarang, seperti syair Gurindam 12," ujarnya, Rabu (26/9/2018) seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Dali menyampaikan, keinginan DPRD Kepri agar muatan lokal dipelajari di sekolah sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun dalam pelaksanaannya di sekolah-sekolah bentuknya tidak selalu sama.

Ada sekolah yang memasukkan muatan lokal dalam mata pelajaran kesenian, Arab Melayu dan ekstrakulikuler. Tetapi pada prinsipnya, bentuk yang berbeda itu tidak mengurangi nilai-nilai muatan lokal.

Dali juga berharap, pihak sekolah memperhatikan hal itu sebagai hal yang penting agar generasi ke depan tetap memahami budaya lokal. Inovasi dapat dilakukan tanpa mengubah atau mengurangi nilai dari muatan lokal.

Inovasi dalam proses pengajaran dibutuhkan agar pelajar mudah memahaminya. "Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk selalu menjaga kelestarian budaya lokal sejak dini," katanya.

Editor: Gokli