Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Agendakan Buka Kongres PWI di Solo
Oleh : Redaksi
Rabu | 26-09-2018 | 11:52 WIB
Monumen-Pers-Nasional.jpg Honda-Batam
Monumen Pers Nasional di kota Solo. (Foto: Mimbar Rakyat)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan menggelar Kongres Nasional ke-24 di The Sunan Hotel, Solo, 27-29 September 2018 mendatang. Agendanya, kongres ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua PWI Cabang khusus Surakarta, Anas Syahirul, mengatakan Jokowi sudah menyatakan siap membuka kongres, Jumat (28/9/2018). “Pembukaan secara resmi oleh Presiden pada Jumat pagi, dijadwalkan juga Menteri Kominfo Rudiantara akan hadir bersama sejumlah Gubernur dari sejumlah provinsi,” kata Anas saat mengecek venue dan kesiapan panitia lokal Solo di The Sunan Hotel.

Ia mengatakan pada awal minggu ini, semua persiapan sudah final, baik panitia, peserta, hingga teknis acara di sejumlah venue yang digunakan pada rangkaian acara kongres.

“Persiapan sudah 90 persen. Sebanyak 105 peserta delegasi dari 35 cabang PWI siap hadir. Tinggal cheking akhir dan pelaksanaan acara,” ujarnya kepada media.

Selain acara inti, kata Anas, juga digelar sejumlah agenda, yaitu pra event berupa seminar Yang Muda yang Berkarya Generasi Milenial Kreatif. Seminar ini digelar Auditorium Muh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (27/9/2018).

“Seminar ini sasaran anak muda atau mahasiswa. Dengan pembicara Rubben Hatari (Facebook Indonesia), Ryan Raharjo (Google Indonesia), Fikar Muhammad (Ceknricek.com), dan Diajeng Lestari (Hijup.com),” katanya.

Seminar kedua diadakan di Monumen Pers Nasional (MPN) Solo, pada pukul 13.00 WIB di hari sama. Seminar dengan tema Pers Kebangsaan dan Pembangunam di Era Digital dengan menghadirkan pembicara Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Malam harinya, seluruh peserta mendapat jamuan makan malam oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, di Pendapi Gede Balai Kota Solo.

“Ada acara khusus setelah kongres selesai, yakni malam refleksi yang akan di gelar Sabtu [29/9/2018] malam di Monumen Pers Nasional. Akan ada pertunjukan wayang kulit dan keroncong, kita saling sharing santai di tempat lahirnya PWI di Monumen Pers Nasional,” kata Anas seperti dilansir solopos.com.

Acara ditutup dengan city tour keliling Kota Solo, Minggu (30/9/2018). Peserta kongres dari seluruh Indonesia akan diajak berwisata dengan Sepur Kluthuk Jaladara, bus tingkat Werkudara, dan belajar membatik di Batik Ndalem Gondosuli Laweyan.

Kongres ini diikuti sekitar 150 orang peserta dan peninjau. Selain para pengurus harian PWI Pusat, PWI Provinsi, plus PWI Surakarta sebagai peserta serta unsur PWI lainnya, ada pula peninjau dari unsur PWI maupun luar PWI.

Mereka antara berasal dari unsur Dewan Pers, Serikat Penerbit Surat Kabar, organisasi perusahaan periklanan, radio, televisi, aliansi jurnalis, dan organisasi pers nasional negeri tetangga ASEAN.

Para calon ketua umum PWI mendatang adalah Hendry Ch.Bangun (Kompas), Teguh Santosa (Kantor Berita Politik RMOL), Sasongko Tedjo (Suara Merdeka), Atal S. Depari (sportanews.com), dan Ahmad Munir (kantor berita Antara).

Sumber: Mimbar Rakyat
Editor: Dardani