Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lirik Peluang Investasi

Pemerintah COEGA Kunjungi Batam
Oleh : Andri Arianto
Senin | 17-01-2011 | 16:33 WIB
COEGA.jpg Honda-Batam

Kawasan Industri COEGA- Berikut ini merupakan salah satu kawasan industri di COEGA Development Coorporation, Afrika Selatan. Batam telah rutin mengekspor pipa ke kawasan tersebut.

Batam, batamtoday - Dua utusan COEGA Development Coorporation, Fezile Ndema dan Dr Siyaboya Simayi  mengunjungi Batam dan langsung bertemu dengan Ketua Badan Pengusahaan (BP) Mustofa Wijaya serta jajaran BP Batam lainya di gedung BP Batam, di Batam Center, Senin 17 Januari 2011. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan antara COEGA dengan BP kawasan Maret 2008 silam.

Pertemuan berlangsung tertutup di lantai 8 gedung BP Batam. Namun para awak media mendapatkan informasi kedatangan pihak COEGA dari Direktur Investasi, Marketing dan Humas BP Batam Rustam Hutapea di ruang marketing.

kepada wartawan Rustam mengatakan, kedatangan pihak COEGA yang diwakili Fezile Ndema, selaku marketing COGEA Strategic Service dan Dr Siyaboya Simayi, selaku Officer Of The Chief Executive COEGA merupakan kedatangan biasa. Pihak COEGA hanya ingin berdiskusi mengenai peluang kerjasama investasi baik di Indonesia maupun sebaliknya di Afrika Selatan.

"Mereka hanya ingin tahu Batam itu seperti apa," kata Rustam.

Rustam mengatakan, ada kesamaan antara Batam dengan COEGA di Afrika sana. antara lain seperti status wilayahnya yang juga sama-sama kawasan FTZ (Free Trade Zone), juga soal kebijakan mengenai sewa tanah.

Untuk diketahui, peremuan ini merupakan terusan dari pertemuan terakhir dalam agenda Sidang Komisi Bersama yang pertama antara Indonesia dengan Afrika Selatan yang dilaksanakan di Batam pada tanggal 25-26 Februari 2008 lalu. Delegasi Afrika Selatan ketika itu dipimpin Deputi Direktur Jenderal Asia dan Timur Tengah Departemen Luar Negeri Republik Afsel, JM Matjila, dan dari Indonesia dipimpin Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Deplu RI Primo Alui Joelianto.

Ketika itu ada beberapa butir kesepakatan yang dibuat, dan salah satunya adalah butir kesepakatan menegani Economic Freezone Cooperation antara BP Batam dengan COEGA Development Corporation.

Declaration of Intent on Cooperation antara BP Batam dan COEGA Development Corporation, merupakan awal kerjasama antara kedua kawasan yang mempunyai fasilitas khusus sebagai kawasan FTZ baik di Indonesia maupun Afrika Selatan.

Penandatangan dilakukan oleh Ketua BP Batam, Mustofa Wijaja dengan CEO COEGA Development Corporation, Pepi Silinga pada tanggal 17 Maret 2008 di Sheraton Hotel, Pretoria, Afrika Selatan. Penandatanganan disaksikan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia dan Menteri Perdagangan dan Industri Afrika Selatan, yang ketika itu  bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Presiden RI ke negara Nelson Mandela tersebut.

Tujuan dari penandatanganan Declaration of Intent on Cooperation tersebut adalah guna menjalin kerjasama untuk saling mempromosikan masing-masing zona khusus ekonomi, antara lain di bidang perdagangan, industri, investasi, pariwisata dan alih kapal yang mencakup: saling tukar menukar informasi, tukar pengalaman melalui kunjungan timbal balik para pejabat dan pelaku bisnis, eksebisi bersama di masing-masing kawasan, dan saling memfasilitasi kegiatan lainnya yang disepakati dalam kerjasama tersebut.

Dengan penandatanganan Declaration of Intent on Cooperation ini diharapkan ke depan akan bertambah lagi investor asal Afrika, khususnya dari Afrika Selatan, baik investasi di Indonesia pada umumnya atau pun di batam pada khusunya.

Selain itu diharapkan agar investor dari Afrika Selatan yang ingin mengembangkan usahanya di kawasan Asia Tenggara dapat menggunakan Batam sebagai pusat kegiatannya untuk basis logistik atau pun industrinya) dalam rangka ekspor ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Demikian juga sebaliknya pengusaha Indonesia dapat menggunakan Afrika Selatan terutama COEGA Development Corporation sebagai pusat kegiatannya untuk meluaskan pasarnya di Afrika.