Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aksi Pembobolan ATM Dilakukan di Sejumlah Tempat
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Sabtu | 04-02-2012 | 15:28 WIB

BATAM, batamtoday - Sindikat pembobol ATM yang berhasil dibekuk tim buser Polsek Lubuk Baja telah melakukan aksi mereka lebih dari satu kali di beberapa tempat di Batam, antara lain BCS Mall Baloi, Aviari Mall Batuaji dan Kampus Uniba Batam Centre. 

Demikian dikatakan Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja, Iptu Hendrianto, kepada batamtoday, Sabtu (4/2/2012) usai melakukan ekspose tersangka di ruang kerjanya. 

"Sindikat ini telah melakukan beberapa aksi di Batam, seperti di BCS Mall, Aviari Mall dan Kampus Uniba," kata Hendrianto. 

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Hendrianto, tak semuanya pelaku ikut dalam aksi ini. Hanya pelaku utama yakni tersangka A, yang beraksi dan mengatur skenario sebab dia adalah otak pelaku dalam sindikat ini. 

"Tersangka A (DPO) yang merupakan otak pelaku dari sindikat pembobol ATM dari Pekanbaru ini," terangnya. 

Kasus pembobolan ATM di dua tempat lainnya yang dilakukan oleh sindikat ini juga sudah dilakukan pengejaran dari Polsek-polsek bersangkutan untuk mengungkap kasusnya.

"TKP Kampus Uniba ditangani Polsek Batam Kota dan TKP di Aviari Mall ditangani Polsek Batuaji. Tetapi kita tetap berkoordinasi untuk mengejar tersangka sebab otak pelakunya sama," lanjut Hendrianto.

Kini Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja sudah membentuk tim untuk mengejar tiga tersangka lain yang keberadaan terakhirnya berada di Jakarta. 

"Secepatnya akan kita kirim anggota untuk berangkat ke Jakarta menangkap tiga tersangka lain," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, tim buser Polsek Lubuk Baja berhasil menangkap Agus Bahari (34), salah seorang tersangka pembobolan ATM di Batam. Pelaku ditangkap di Perumahan Maitri Garden I blok 9/5, Sabtu 28 Januari 2012 sekitar pukul  15.00 WIB. 

Penangkapan sendiri berawal dari laporan korban Nurlela (26), warga Tanjung Riau yang harus merelakan uang miliknya dari ATM Bank BCA sebesar Rp13,5 juta raib digasak kawanan pembobol ATM ini pada Jumat 21 Oktober 2011 sekitar 20.00 WIB di ATM Centre BCS Mall, Baloi. 

Dalam aksinya ini, sindikat melakukan dengan modus meletakan patahan lidi korek api ke dalam mulut ATM dan menempel nomor call centre palsu, sehingga ketika korban kebingungan ATM-nya tidak berfungsi sehingga kemudian menghubungi nomor call centre palsu yang ditempelkan sindikat ini.